Analisis Kesantunan Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Wirma Lasri(1*), Nurmalina Nurmalina(2), Putri Hana Pebriana(3),

(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i3.23323

Abstract


This study aims to describe the form of directive speech acts used by teachers in the learning process, describe directive speech acts used by teachers, and describe the context of the situation of teacher directive speech acts in the learning process at the 001 Pangkalan public elementary school. The research method used is descriptive qualitative research method, with the steps of the pre-field stage, the stage of field activities, data collection, and intensive analysis stage. The results showed that of the 12 elementary school teachers studied, all of them had good directive speech acts. The conclusion of this study is that the politeness of the teacher's directive speech acts in the learning process at the 001 base public elementary school is quite good and needs to be improved. Of all types of directive speech acts, the most dominant that emerges from the teacher's speech is the directive command speech act. Efforts are needed to improve continuous pedagogic competence in order to improve teacher skills in applying all directive speech acts so that teacher competence increases.

Keywords


Kesantunan berbahasa, sekolah dasar, tindak tutur, tutur direktif.

Full Text:

PDF

References


Awalia, N., & Witarsa, R. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rambah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3904–3914.

Carolina, N., & Sudaryono. (2015). TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Pena, 5(2), 163–177.

Elmita, W., Ermanto, & Ratna, E. (2013). TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK NUSA INDAH BANUARAN PADANG. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 139–147.

Hafid, A., Sultan, & Rosmalah. (2019). Efektifitas Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kurikulum 2013 Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Inpres 6/75 Ta’ Tanete Riettang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 283–293.

Hasanah, S., U. (2019). TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Jurnal Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(2), 51–68.

Hikmah, N., Sida, S., C., & Idawati. (2020). Kinerja Guru Kelas Dalam Menyusun dan Mengembangkan Perangkat Pembelajaran di SD Negeri KIP Maccini Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 11–15.

Kaka, P., W. (2017). ANALISIS TERHADAP KESANTUNAN TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD INPRES BAJAWA VI KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 114–127.

Nurhaedah, Muslimin, & Kamal, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 196–203.

Putri, F., R., Manaf, N., A., & Abdurahman. (2015). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 15 PADANG. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 2(1), 87–98.

Rachman, S., A. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 150–155.

Rachman, S., A., Rival, & Haerul. (2019). Analisis Kesalahan-Kesalahan Gramatikal Dalam Tulisan Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 249–255.

Rahman, S., A., Nurdin, M., & Lestari, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN 200 Lompu Kecamatan Cina Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 23–27.

Rosmalah. (2020). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 142–149.

Sudirman. (2021). Model Shuttle Flow dalam Pembelajaran Integratif Holistik Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 98–104.

Sultan, M., A., & Irawan, D., B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 211–215.

Wabang, R., J., & Adam, L., N. (2020). Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Daerah Terpencil Nusa Tenggara Timur (NTT). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 276–282.


Article Metrics

Abstract view : 220 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wirma Lasri, Nurmalina Nurmalina, Putri Hana Pebriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya