Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi

muslimin muslimin(1*), Muhammad Amran(2),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13744

Abstract


The purpose of this research is to improve students' understanding of the concept of sound energy after learning by using a process skills approach. The data collection techniques of this study were tests, direct interviews, observations. Data analysis techniques with descriptive statistics to describe the level of student understanding. The results of the study are the use of the process skills approach in the fourth grade students of SD Inpres Maralleng can improve understanding in natural science subjects especially sound energy concept material.


Keywords


Student Understanding; Process Skills Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dimyati, dkk. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Hafid Abdulah, 1996. Studi Kemampuan Guru SD Menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran IPA Kelas V SD Kecamatan Suka Sari Kota Madya Bandung. Bandung: FakultasPendidikan Matematika dan IPA dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Haryanto. 2006. Sains untuk Sekolah Dasar kelas IV. Jakarta: Erlangga

Isnaningsih, Bimo, D.S. 2013. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPPI) Vol.2. No. 2, Hal. 136-141.

Khaeruddin, dkk. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University of Makassar Pres.

Mangunwijaya. 1998. Berbagai pendekatan Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Miles, M.B & Huberman, Tanpa tahun. Analisis Data Kuantitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohudi Rihidi. 1992. Jakarta: UI Perss.

Moedjino, dkk. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan/Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Ketenagaan.

Nurkanca, 1986. Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sumardi Yosaphat, dkk. 2007. Konsep Dasar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprayekti. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Gerak Benda dan Energi melalui Penerapan Metode Eksperimen dengan Pendekatan Discovery Learning bagi Siswa Kelas III SD Negeri Cabak Semester 2 Tahun 2010/2011. Majalah/Jurnal Pendidikan Bhakti Utama, 5 (1): 107-116.

UUD Nomor 20 Tahuan 2003 Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 370 times | PDF view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 muslimin muslimin, Muhammad Amran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya