Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) terhadap Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres Tetebatu Kabupaten Gowa
Nurafni Dewi Sari(1*), Andi Sukri Syamsuri(2), Tarman Andi Arif(3),
(1) Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar (2) Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar (3) Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar (*) Corresponding Author
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang sifatnya true experimental dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini melibatkan 51 siswa kelas V sekolah dasar sebagai sampel penelitian yang dibagi atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes membaca pemahaman. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa nilai rata-rata hasil tes membaca pemahaman siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R adalah sebesar 75,00 sementara nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional adalah 85,00. Lebih lanjut, berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan statistik inferensial diperoleh bahwa thitung=7,393 dimana ttabel=1,697 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa thitung> ttabel sehingga H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar.
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.
Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada
Rohimat, A. (2013). Penerapan Teknik Copy The Master Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi Pada Siswa Kelas X–2 Sma Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawal
Slamet. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press
Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yulianti, L. Eva, Wirya,, Nyoman, dan Arini, Ni Wayan. (2013). Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Article Metrics
Abstract
view : 467 times |
PDF view :
79 times
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurafni Dewi Sari, Andi Sukri Syamsuri, Tarman Andi Arif