Reader Comments

Tips Menentukan Tujuan Wisata Sesuai Situasi dan Kondisi

by Tri Hartanti (2022-04-17)


Merencanakan liburan dan mengunjungi beberapa tujuan wisata adalah sesuatu yang disukai semua orang. Selain itu, kita dapat menikmati keindahan alam dengan menemukan tradisi dan budaya masyarakat setempat serta kuliner lokal.

Destinasi wisata di beberapa daerah di Indonesia yang bisa Anda kunjungi sangatlah banyak. Maka dari itu carilah terlebih dahulu informasi tentang tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Salah satunya adalah melalui Meluncur.com khususnya bagi Anda yang ingin berwisata ke daerah sekitar Jakarta, Jawa Barat Dan Yogyakarta.

Nah, agar liburan Anda tidak berantakan, coba ikuti beberapa panduan menentukan destinasi wisata berikut ini dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih destinasi yang sesuai dengan budget Anda

Kesalahan yang sangat fatal adalah pergi berlibur tanpa memikirkan uang yang akan Anda keluarkan. Karena itu, Anda harus mengatur dan merencanakan anggaran keuangan Anda jauh-jauh hari sebelum liburan.

2. Pilih destinasi wisata yang jarang dikunjungi wisatawan

Jenis liburan yang Anda pilih akan berdampak besar pada biaya yang akan Anda keluarkan nantinya.

Tidak masalah apakah Anda ingin berlibur di kota yang sibuk, di pantai yang tenang atau di tempat dengan banyak atraksi.

3. Pikirkan dengan siapa Anda akan berlibur

Jika Anda bepergian sendiri, ini seharusnya tidak terlalu menjadi masalah. Namun, jika Anda berencana untuk bepergian dengan teman dan keluarga, Anda harus mempertimbangkan minat dan minat mereka.

4. Menyesuaikan Tujuan Dengan Waktu Berlibur

Waktu liburan yang tersedia untuk Anda dapat bervariasi dalam jangka pendek atau panjang.

Memilih destinasi yang jauh dengan waktu liburan yang sangat singkat akan membuat Anda lelah dan tidak punya waktu untuk bersantai dengan baik.

5. Pilih yang bertepatan dengan perayaan di tempat tujuan

Agar uang liburan Anda lebih bermanfaat dan menambah pengetahuan, sebaiknya Anda juga mengoordinasikan waktu liburan Anda dengan festival atau acara khusus yang biasanya berlangsung di tempat tujuan wisata Anda.

Misalnya saja acara karnaval di Jember, parade pakaian adat atau acara keagamaan di Bali yang akan menarik lebih banyak orang terutama wisatawan untuk datang ke tempat tersebut.

Jika Anda sudah memiliki budget yang cukup untuk berlibur, pertimbangkan untuk menggunakan beberapa poin di atas sebagai cara yang bijaksana untuk menentukan liburan Anda.

Maka liburan Anda akan menjadi tak terlupakan dan tentu saja Anda akan menghemat lebih banyak uang.