Reader Comments

Memanfaatkan Lahan Pekarangan Rumah Secara Potensial

by Tri Hartanti (2022-04-17)


Pekarangan adalah ruang terbuka yang mengelilingi rumah. Tanah ini, bila dirawat dengan baik, menawarkan lingkungan yang menarik, nyaman, sehat dan lebih menyenangkan untuk tinggal di rumah.

Kita bisa menggunakan pekarangan rumah sesuai dengan selera dan keinginan kita. Misalnya dengan menanam tanaman seperti tanaman hias, buah-buahan, sayuran, rempah-rempah dan obat-obatan.

Nah, untuk Anda yang berniat untuk berkebun, sebaiknya memperhatikan cara menanam, merawat dan tentang berkebun lainnya. Dengan menemukan informasi tentang berkebun melalui Mystargarden.com.

Karena menanam tanaman produktif di kebun membawa manfaat ganda, salah satunya kepuasan fisik dan mental.

Selain itu dengan pengelolaan yang baik, pekarangan rumah dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan keluarga, seperti: tempat bermain, tempat bersantai, sumber makanan dan juga sumber pendapatan.

Pemanfaatan kebun sayur di pedesaan dan perkotaan dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan nasional dengan meningkatkan potensi pangan lokal masing-masing daerah.

Fungsi pekarangan secara umum:

  • Sumber pangan asli daerah seperti sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, ternak dan ikan.
  • Sumber obat-obatan atau apotek hidup.
  • Sumber rempah-rempah, bumbu masakan.
  • Sumber pupuk organik.
  • Sumber keindahan/estetika.

Manfaat pekarangan untuk keluarga meliputi :

Memberi Makan Makanan Keluarga: Ada berbagai tanaman, ternak, dan ikan yang dapat dipelihara di pertanian untuk menghasilkan makanan yang dibutuhkan keluarga. Misalnya umbi-umbian sebagai sumber vitamin, ternak dan ikan sebagai sumber protein dan lemak.

Sebagai lumbung: hasil pertanian bisa diambil kapan saja dan tidak ada musim kemarau.

Apotek Hidup: Di pekarangan bisa ditanami berbagai tanaman obat yang manjur bila ada anggota keluarga yang sakit, bisa untuk sementara diobati dengan obat-obatan yang ada di pekarangan.

Meningkatkan Pendapatan: Peternakan yang dikelola dengan baik, hasilnya dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga karena banyak produk tidak memerlukan lahan yang luas.

Menghasilkan Bahan Bangunan: Jenis pohon seperti bambu, kelapa, nangka dan tanaman lain yang ditanam di pekarangan dapat digunakan sebagai bahan bangunan dan kerajinan rumah tangga.

Sebagai tempat rekreasi keluarga: taman yang terawat baik dan teratur menawarkan keindahan dan ketenangan bagi yang melihatnya.

Untuk itu, manfaatkan dan percantik pekarangan rumah dengan menanam tanaman yang memenuhi kebutuhan keluarga.