Reader Comments

Ini Penyebab Septic Tank Mudah Penuh Menurut Ahlinya

by Tri Hartanti (2022-04-16)


Setelah banyak berita tentang septic tank yang meledak beberapa hari yang lalu, banyak orang mulai tertarik dengan TPA ini.

Karena hampir setiap hari kita membuang limbah cair, wajar jika septic tank mudah terisi.

Namun jika Anda menemukan bukti tangki septik penuh dalam waktu satu tahun atau kurang, waspadalah untuk memastikannya baik-baik saja.

Untuk meminimalisir septic tank yang meluap dan meledak, coba kenali beberapa penyebab tersebut.

Pipa outlet atau pipa samping tersumbat

Penyumbatan pada septic tank dapat terjadi karena septic tank tidak dipompa secara teratur. Ketika level padatan di septic tank penuh, turbulensi yang disebabkan oleh limbah yang mengalir ke septic tank menyebabkan limbah padat masuk ke pipa outlet sehingga keluar dari tangki.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda membutuhkan jasa sedot wc seperti jasa sedot wc Mojokerto dari CV Sumber Baru untuk Anda yang tinggal di daerah Mojokerto dan sekitarnya.

Daerah drainase berisi air

Dinding samping tangki septik perlahan mengalirkan air ke dalam tanah, tempat organisme tanah menghilangkan kontaminan dari air sebelum mencapai permukaan.

Jika ada terlalu banyak air di saluran pembuangan, tekanan hidrostatik tidak akan memungkinkan air baru masuk ke saluran pembuangan.

Hal ini dapat disebabkan oleh hujan deras dan air yang masuk ke septic tank. Ada baiknya memasang panel drainase di sekitar saluran pembuangan agar air tanah tidak mudah terserap.

Sebaiknya hubungi service septic tank agar masalah ini bisa segera teratasi dengan solusi terbaik.

Septic tank tidak ramah bakteri

Untuk mengurai limbah padat, septic tank mengandalkan bakteri pengurai. Membuang pemutih dan produk pembersih ke septic tank dapat mengganggu ekosistem bakteri di dalamnya.

Tanpa bakteri tersebut, sampah di septic tank perlahan akan terurai sehingga menyebabkan septic tank cepat penuh.

Solusi untuk masalah ini adalah menghindari membuang zat korosif ke lubang toilet. Anda dapat memompa septic tank untuk menghilangkan zat korosif darinya.

Terlalu banyak air yang masuk ke septic tank

Anda mungkin memiliki saluran pipa yang mengangkut air selain limbah ke tangki septik. Hal ini dapat menyebabkan septic tank cepat terisi.

Anda dapat memanggil tukang ledeng untuk melepaskan pipa dari tangki septik dan mengalirkan air ke tanah di tempat lain.

Penyebab umum kedua dari masalah ini adalah air hujan yang masuk ke septic tank. Ini bisa terjadi jika Anda memarkir mobil Anda di atas tangki septik atau membangun taman di atasnya.