Reader Comments

Kelebihan Menggunakan Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan

by Tri Hartanti (2022-04-11)


Dalam praktek budidaya ikan, banyak dukungan yang dapat digunakan untuk mendukung budidaya ikan. Salah satunya adalah kolam terpal. Banyak pembudidaya ikan menghargai kolam tertutup sebagai tempat budidaya. Keterjangkauan dan kepraktisan menjadi alasan memilih kolam terpal.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai manfaat penggunaan terpal cola untuk budidaya ikan. Berikut penjelasannya:

Dapat Digunakan di Daerah Kering

Pada daerah yang gersang, air hujan yang mengenai tanah diserap langsung oleh tanah dan akan mempersulit terbentuknya genangan air. Solusi yang tepat adalah dengan menggunakan terpal untuk kolam tersebut.

Ikan yang Dihasilkan Tidak Berbau Lumpur

Terpal bisa menjadi pembatas antara air dan tanah secara langsung agar ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur. Ikan yang tidak berbau lumpur relatif digemari konsumen

Pengolahan Ikan Lebih Mudah

Jika menggunakan kolah terpal, pembersihan dan pengeringan kolam menjadi mudah dibandingkan dengan menggunakan kolam tanah yang memang sulit dibersihkan.

Panen Mudah

Pada umumnya ukuran kolam terpal tidak terlalu besar. Hal ini membuat lebih mudah untuk memanen ikan. Selain itu, rendahnya proporsi lumpur di kolam juga membuat pemanenan lebih mudah.

Penyebaran Benih Ikan Lebih Tinggi

Pada kolam terpal jarang terdapat kotoran dan sisa makanan ikan menumpuk yang dapat menghasilkan amonia dan hidrogen sulfida diproduksi, yang beracun bagi ikan.Jadi ikan bisa bergerak bebas dan penyebaran benih lebih merata.

Hama dan Penyakit yang Jarang Ditemui

Ikan yang dipelihara di kolam terpal cenderung aman terhadap hama dan penyakit karena kolam terlindung dari tanah langsung yang dapat menjadi sarang hama dan penyakit.

Proporsi Ikan Hidup Lebih Tinggi

Karena kolamnya mudah dirawat, terpal yang menjadi pembatas langsung ke dasar kolam memastikan kolam terpal ini mendukung kelangsungan hidup ikan dengan baik.

Ada banyak jenis dan tipe terpal yang dijual saat ini di pasaran. Sehingga membuat anda bingung harus memilih tempat jual terpal yang bagus. Jenis dan tipe terpal sangatlah penting karena harga terpal juga tergantung pada dua hal tersebut.

Olehsebab itu pastikan saat membeli terpal anda memperhatikan jenis dan tipe terpal yang bagus seperti produksi terpal dari CV Amar Jaya. Yang merupakan pabrik terpal terbesar di Indonesia dengan kualitas terbaik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.