Reader Comments

Pelaku UMKM Akan Dapat Pelatihan Digital Marketing Dari Pemerintah

by Tri Hartanti (2022-04-10)


Di dunia yang serba digital, sektor korporasi kini berlomba-lomba mengembangkan strategi digital marketing untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Namun ternyata kegiatan digital marketing bisa diterapkan tidak hanya di sektor korporasi tetapi juga di sektor publik atau pemerintahan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti menjelaskan, industri digital tidak hanya membutuhkan technical skill tetapi juga soft skill yang sering disebut sebagai 21st century skills. Ia menjelaskan, keterampilan digital di abad 21 mencakup empat keterampilan yang dibutuhkan untuk mempercepat transformasi digital.

“Pelatihan pemasaran digital saat ini menjadi alternatif yang tepat untuk mempertemukan para pelaku UMKM khususnya usaha mikro yang selama ini mengalami kesulitan dalam pemasaran langsung (offline) di masa pandemi dan membutuhkan strategi pemasaran online dengan digitalisasi pemasaran,” ujar SesKemenKopUKM.

Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk percepatan transformasi digital, Niken mencontohkan Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menyusun roadmap transformasi digital. Menurut dia, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengembangkan tiga pendekatan untuk mengembangkan sumber daya manusia digital di Indonesia.

Dan pada era globalisasi seperti saat ini, persaingan pasar bebas yang sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0 perlu dilakukan optimalisasi potensi pemanfaatan sumber daya yang ada sebanyak-banyaknya agar mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, pendapatan yang lebih tinggi dan kebaikan bersama.

Untuk itu, KemenKopUKM menjalankan tiga program pemulihan transformatif, yaitu: 70% program KemenKopUKM ditujukan langsung kepada UMKM dan koperasi, pemuda dan perempuan serta fokus mendukung pengembangan bisnis hijau.

Oleh karena itu, pelatihan pemasaran digital yang diselenggarakan oleh pemerintah bagi pemangku kepentingan UMKM merupakan bagian dari upaya pencapaian tujuan UMKM go digital.

Pemasaran digital mencakup semua kegiatan pemasaran melalui media digital, baik itu konten blog, media sosial, dan lain-lain.

Pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk menyampaikan pesan kepada konsumen secara lebih efektif.

Selanjutnya, pemasaran digital juga digunakan dengan sangat efektif dalam hal branding suatu produk.

Dan jenis pemasaran digital yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis social media marketing dan Search Engine Optimization atau SEO.

Untuk saat ini memang banyak sekali yang menyediakan jasa digital marketing seperti jasa content marketing atau jasa SEO website seperti seosiagan.com dan yang lainnya.

Tentu kehadiran mereka juga bisa sangat membantu mengembangkan upaya pencapaian tujuan UMKM go digital.