Reader Comments

Ketahui 3 Persyaratan Penerima Bansos dan Cara Daftar Bansos Online 2022

by Max Damian (2022-04-15)


Aplikasi Cek Bansos merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Sosial untuk mempermudah pendaftaran dan cek bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Selain untuk cek bantuan sosial, aplikasi ini juga membantu untuk mendaftar sebagai bansos.

Sebelum Anda atau keluarga Anda dapat mendaftar sebagai penerima bantuan sosial PKH, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Karakteristik Keluarga

Keluarga yang dapat didaftarkan sebagai penerima program bansos PKH adalah keluarga miskin atau keluarga berisiko miskin. Artinya, tidak hanya keluarga miskin, tetapi juga keluarga yang berisiko miskin (dengan berbagai alasan) berhak mendaftarkan diri sebagai penerima bansos PKH.

Jadi jika Anda merasa Anda adalah keluarga miskin atau keluarga yang berisiko miskin, segera datang ke kantor desa setempat Anda. Penuhi persyaratan yang diperlukan agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar.

2. Harus Menjadi Anggota KPM PKH

Penerima bansos PKH tidak bisa sembarangan, karena harus sudah menjadi anggota KPM PKH. Hal ini untuk mendorong agar manfaat PKH hanya diberikan kepada mereka yang benar-benar layak menerimanya.

3. Harus memiliki Usaha

Selain itu, calon penerima program kesejahteraan PKH harus memiliki usaha, apapun jenis usahanya. Sebelum mendaftar, calon penerima manfaat harus memiliki bisnis seperti perhotelan, ritel, menjahit, peternakan, pertanian, dll.

Dikutip dari Oktagon.co.id, berikut cara daftar Bansos melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos Go Id

1. Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos Id dari Play Store (HP).

2. Daftar dengan mengklik “Buat akun baru” di Apk Bansos Kemensos.

3. Masukkan informasi pribadi yang diminta, seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), NIK KTP, dll.

4. Lampirkan swafoto KTP dan foto KTP.

5. Periksa kembali apakah data yang dimasukkan sudah benar.

6. Jika ya, klik "Buat Akun Baru".

7. Setelah koneksi berhasil, pilih menu "Daftar Usulan".

8. Masukkan kembali informasi pribadi yang diminta.

9. Silakan pilih jenis bantuan sosial yang dibutuhkan untuk tahun 2022 (PKH atau BPNT).

Setelah pendaftaran bansos online 2022 berhasil diselesaikan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menunggu proses verifikasi dan validasi.

Proses ini dilakukan oleh pihak Kemensos untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk menjadi penerima bantuan sosial atau tidak.