Reader Comments

Meningkatkan Motivasi Belajar Online Pada Peserta Didik

by Max Damian (2022-04-12)


Situasi pandemi tidak hanya memaksa guru untuk menggunakan teknologi sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran. Namun, guru juga harus mampu memotivasi siswa untuk aktif belajar. Karena tidak bisa dipungkiri home learning berpotensi mengurangi aktivitas siswa.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran online:

Gunakan metode dan aktivitas pembelajaran yang lebih beragam

Dalam proses pengajaran sebaiknya tidak menggunakan metode dan kegiatan yang monoton atau hanya itu-itu saja. Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi dengan cara yang menarik dan bervariasi.

Terciptanya suasana belajar yang menyenangkan

Siswa membutuhkan suasana yang menyenangkan untuk belajar dengan baik. Ciptakan kegiatan belajar yang santai namun serius agar siswa tidak merasa terlalu tegang. Anda juga dapat menyampaikan topik dengan cara yang lucu.

Apresiasi atas usaha dan prestasi siswa

Tidak peduli seberapa kecil usaha yang dilakukan siswa, guru harus mengakui ini dengan pujian atau umpan balik positif sebagai bentuk dukungan dan kebanggaan atas prestasi mereka. Dengan cara ini, siswa merasa bahwa upaya mereka dihargai.

Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran

Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru juga harus dapat mengoptimalkan kesempatan belajar, mis. B. Memberikan informasi spesifik tentang cara mendapatkan kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh. Dengan cara ini, siswa dan orang tua tidak kelebihan beban.

Memanfaatkan Media Belajar

Materi pembelajaran yang kreatif dan menarik menarik siswa ke dalam pembelajaran online. Dengan begitu, siswa lebih fokus dalam belajar. Alternatif bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran, mis. Video pembelajaran dalam bentuk animasi.

Pilih metode belajar yang tepat

Guru harus pandai memilih metode pembelajaran karena mereka dapat mengetahui apakah siswa senang atau bosan dengan metode yang digunakan. Agar lebih beragam, Anda bisa menggunakan metode direct chat untuk aplikasi pembelajaran tertentu.

Dan agar siswa lebih termotivasi dalam belajar online, pendidik bisa menyarankan siswa untuk mencari rangkuman pelajaran yang terkait seperti melalui situs Cerdika.com atau yang lainnya.

Hal tersebut bisa menjadikan siswa menjadi lebih kreatif serta bisa mendapatkan tambahan ilmu dari luar kurikulum yang sekolah sediakan.