Pengembangan Bahan Ajar Modul Digital Pada Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v4i2.65217
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis tingkat kebutuhan, 2) menilai tingkat kevalidan modul digital, dan 3) mengevaluasi tingkat kepraktisan modul tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Subjek penelitian meliputi dua validator, yaitu ahli materi dan ahli desain/media, 30 mahasiswa dari program studi Teknologi Pendidikan, serta satu dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Pendidikan. Data dikumpulkan menggunakan berbagai angket, yaitu angket validasi ahli materi, angket ahli desain, angket uji coba kelompok, angket uji coba perorangan, angket tanggapan dosen, serta dokumentasi pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan modul digital, berdasarkan penilaian dari validator ahli materi dan ahli desain, berada pada kualifikasi baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa analisis data kebutuhan produk modul digital pada mata kuliah Komunikasi Pendidikan menunjukkan bahwa produk tersebut dibutuhkan dan telah terbukti valid serta praktis untuk digunakan
Full Text:
PDFReferences
Adabia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Mata Kuliah Micro Teaching Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Journal of Educational Tecnology, Curriculum, Learning, and Communication, 2(3), 105-113
Azhar, & Arsyad. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fajri, N., & Usmeldi, U. (2020). Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Siswa SMK. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 369-374.
Naim, Ngainun. (2017). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nila, W. T., & Mustika, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) materi Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(2), 411-422.
Nusa. (2019). Reserarch & development (penekitian dan pengembangan) suatu pengantar. Jakarta: rajawali Pers.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Tandar NasionalPendidikan Pasal 19.
Rusdi, M. (2018:37). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur Dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Pt Raja Grafindo Persada.
Sugianto, Dony, Siscka Elvyanti & Yuda Muladi. 2018. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Bandung FPTK UPI. http://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/4860 (diakses pada 14 februari 2021)
Article Metrics
Abstract view : 65 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751