Pengaruh Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Bintuni Papua Barat

Loria I Manibuy(1*),

(1) Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v4i2.64960

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Bintuni Papua Barat. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Bintuni dari Februari hingga Maret 2024. Sampel yang digunakan sebanyak 126 orang dengan metode yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel tersebut menunjukkan bahwa penggunaan internet berada pada kategori sangat baik, berdasarkan uji koefisien determinasi adapun besar pengaruh adalah kuat atau tinggi diantara kedua variabel tersebut. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian adalah bahwa penggunaan internet memiliki pengaruh besar atau sangat tinggi terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Bintuni Papua Barat.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Husna, K., Fadhilah, F., Harahap, U. H. S., Fahrezi, M. A., Manik, K. S., Ardiansyah, M. Y., & Nasution, I. (2023). Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 154-167.

Kotler, Philip., & Keller, K.L., 2018. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. 1st ed. eds. S.E Adi Maulana and M.M. Wibi Hardani. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Listyanto, A. D., & Munadi, S. (2013). Pengaruh pemanfaatan internet, lingkungan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 293-306.

Rusman. 2018. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99-103.

Subagia, I Wayan, & Sudiana, I Ketut. 2013. Materi Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Ikip.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&b. Bandung: Alfabeta.

Sumidjo, Wahyu. 2015. Kepemimpinan Kepala Madrasah, Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Walidaini, B., & Arifin, A. M. M. (2018). Pemanfaatan internet untuk belajar pada mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(1).


Article Metrics

Abstract view : 53 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats