Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Taipale’leng Kabupaten Gowa

Nur Sakima(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v4i2.64170

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Taipale'leng Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode penelitian Pre-experimental Designs (non-design). Sampel pada penelitian ini sebanyak 16 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pre-test yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran luring dan post-test yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametrik wilcoxon signed ranks test (Z). Berdasarkan hasil uji non parametrik wilcoxone signed ranks test (Z) yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Taipale'leng Kabupaten Gowa. Hasil penelitian yang telah dilakukan post-test dan pre-test dapat disimpulkan bahwa Media Video pembelajaran berpengaruh posiif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri Taipale'leng Kabupaten Gowa.


Full Text:

PDF

References


Arismunandar, Nurhikmah H, Andi Wahed, Hengki Wijaya, Hasnawi Haris. 2022. “The source of teacher work stress: a factor analysis approach” dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 41 Nomor 1 (halaman 114). Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105

Sampoerna, Sulthan Taqi 2022. “Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Ilearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi” dalam Adimas : Adi Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 2 Nomor 2 (halaman 52). Tangerang : Universitas Raharja.

Sukmadinata Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 44. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Wulandari, Amelia Putri 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar” dalam jurnal : Journal on Education, Vol 5 Nomor 2 (halaman 3929). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats