Analisis Pemanfaatan Video Marketing Sebagai Trend Strategi Pemasaran di Era Digital

Chece Nurmalasari(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v4i1.59267

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manfaat video marketing sebagai trend strategi pemasaran di era digital. Penelitian ini menggunakan studi literature dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari mencari dan menganalisis berbagai artikel ilmiah dengan topik video marketing sebagai strategi pemasaran. Proses pengumpulan data berlangsung dalam tiga tahap yaitu: 1) menyiapkan data yang diperoleh untuk dievaluasi kembali, khususnya untuk kelengkapan, keunikan dan konsistensi semantik, 2) mengorganisir data yang diperoleh dan 3) melakukan analisis lebih lanjut untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video marketing bermanfaat sebagai trend strategi pemasaran di era digital, diantaranya; 1) sebagai media promosi digital ke konsumen dan; 2) mampu memengaruhi keputusan konsumen; 3) menciptakan brand awareness dan, 4) Video memilki potensi untuk dibagikan. Sehingga media video marketing merupakan wadah dan langkah yang tepat digunakan dalam strategi pemasaran. Dalam memanfaatkan media video marketing perlu untuk mengikuti isu-isu terkini yang sedang trend sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kemenarikan video marketing.

Full Text:

PDF

References


Azsahra, S. F. (2022). Implementasi Nilai- Nilai Ang, T., Wei, S., & Anaza, N. A. (2018). Livestreaming vs pre-recorded: How social viewing strategies impact consumers’ viewing experiences and behavioral intentions. European Journal of Marketing, 52(9–10), 2075–2104.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, (June), 10. Retrieved from apji.or.id

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. Retrieved from http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32

Kamuri, Klaasvakumok J., & Kurniawati, M. (2020). The Influence of Digital Marketing Tools on Tourist Visiting Interest to Fatukopa Hill, TTS Regency. Advances in Economics, Business and Management Researh, 158(June), 392–396.

Kamuri, Klaasvakumok Jehezkielomi. (2021). Analisis Peran Digital Content Marketing Bagi Wirausaha Milenial Di Kota Kupang Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 225–238.

Krämer, A., & Böhrs, S. (2017). How Do Consumers Evaluate Explainer Videos? An Empirical Study on the Effectiveness and Efficiency of Different Explainer Video Formats. Journal of Education and Learning, 6(1), 254.

Lustono, Cahyani, L., & Fadila. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online Dan Viral Marketing Terhadap Kepitusan Pembelian Pada Belanjadolo Online Shop Di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis STIE Tamansiswa Banjarnegara, 20, 11–24. Retrieved from https://tambara.e-journal.id/medikonis/article/download/18/13/

Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171.

Oktaviana, L. D., Iriane, R., & Ajiono. (2022). Pelatihan Content Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing di UMKM Kab. Banyumas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 54–59. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/1831%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/1831/1269

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 111–116.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 1(3), 24–31.

Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124.

Tafesse, W. (2020). YouTube marketing: how marketers’ video optimization practices influence video views. Internet Research Emerald Insight, 30(6), 1689–1707.

Widiatmaka, P. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Membangun Warga Negara yang Baik dan Mengantisipasi Krisis Karakter Pemuda. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(1), 7–18. https://doi.org/10.61076/jpp.v5i1.3041


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats