Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Video Animasi di TK Kartika Handayani

Nurfah Aqidah(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v4i1.58998

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meneliti video animasi yang diberikan kepada anak TK Kartika Handayani dapat meningkatkan keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan  kelas (PTK) yang  terdapat dua siklus setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Tahapan  penelitian meliputi perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. subjek dalam penelitian adalah anak didik  usia 4-5 tahun di Tk Kartika Handayani,terdiri dari 13 anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk studi kelas adalah mencatat segala sesuatu yang terjadi selama pelaksanaan kerja lapangan. Analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian. Dengan menggunakan pendekatan media video animasi, data diperiksa sebagai data tabel observasi yang menunjukkan kapan tindakan berbicara terjadi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulalkan bahwa peningkatan yang tardapat pada sikus I  pertemuan I dan II, Berada pada tingkatan perkembangan MB( mulai berkembang ) dengan nilai rata-rata 68,33% dan pada siklus II pertemuan I dan II sehingga menjadi peningkatan perkembangan BSB (berkembang sangat baik) dengan nilai rata-rata 87,86%. Dengan hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwah penelitian mengalami peningkatan keterampilan berbicara menggunakan video animasi di Tk Kartiak Handayani Kecamatan Manggala.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., Jaya, F. H., & Duwikola, R. (2020). Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kakak Tunas Cedikia Gedong Tataan Pesawaran Lampung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 467–474.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9–18.

Bintang, A. Y. (2021). Pengaruh Penerapan Model Percakapan Bebas Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah [PhD Thesis].

Devianty, R. (2019). Membangun Bahasa Anak Usia Dini M

elalui Siasat Pemerolehan Bahasa.

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14. 2045–2051.

Kusumaningrum, Y. (2019). Keterampilan Berbicara Dalam Presentasi Ilmiah. Mahmud, T. (2018). Peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan melalui metode bermain peran pada anak kelompok b di TK

Aisyiyah Merduati Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 6(2), 193–211

Murtiyani, S. (2022). Mengaktualisasikan Hasil Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Cooperative Approach Learning Kelas VIII-A Semester Ganjil Di SMP Negeri 3 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 3(2), 13–18

Puspitasari, V. I., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan Channel Tv sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan komunikasi anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 1–11.

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi profesionalisme guru pendidikan anak usia dini dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130.

Yenti, Y., & Maswal, A. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1),


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats