Analisis Kemampuan Literasi Digital sebagai Kompetensi Profesional Guru di SMAN 1 Selayar

Rahmat Hidayat(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i4.53821

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi digital guru sebagai salah satu kompetensi profesional di SMA Negeri 1 Selayar berkaitan dengan pencarian di internet, hypertext, evaluasi konten dan menyusun pengetahuan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data peneliti yaitu 5 orang guru yang ditetapkan atas pertimbangan lamanya mengajar minimal 5 tahun, sudah memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet 5 tahun terakhir. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, survei dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display, terakhir adalah tahap verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pencarian di internet telah dimanfaatkan guru di SMA Negeri 1 Selayar dalam proses pembelajaran, (2) hypertext belum sepenuhnya dikuasai oleh setiap guru, (3) evaluasi konten informasi telah diterapkan guru SMA Negeri 1 Selayar dan (4) penyusunan pengetahuan juga belum sepenuhnya memenuhi tahap evaluasi oleh guru. Adapun aspek lain yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) guru menggunakan media sosial seperti Instagram, youtube, dan tiktok sebagai sumber sember belajar, (2) penggunaan search engine oleh guru.


Full Text:

PDF

References


Anwar, C. R. (2018). Industri Kebencian di Media Sosial (Fenomena Industri Kebencian Melalui Saracen dan MCA). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Barnawi dan M. Arifin. (2014). Pengembangan Keprofesionalan Berlanjutan bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media.

Fajriani, F. (2020). Analisis kemampuan literasi digital pada guru di SMA Negeri 1 Makassar. Makassar: Program Studi Teknologi pendidikan, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Materi Pendukung (Literasi Digital). https://kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf (diakses pada 21 maret 2019)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Pedoman Uji Kompetensi Guru. http://gtk.kemdikbud.go.id/files/juknis/10_Pedoman_UKG_10_September_2015_kirim.pdf (diakses pada 12 Maret 2019).

Moleong, L.J., (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Rini, R., Suryadinata, N.,& Efendi, U. (2022). Literasi Digital Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/48774

Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wahyuni, U. S. F. (2019). Korelasi Responsi Kompetensi Profesional Guru dan Responsi Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 di MI Khanzul Huda Gundik Slahung Ponorogo Tahun 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats