Pengembangan Modul Digital Mata Kuliah Evaluasi Kurikulum Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM

Aditya Ahyadin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i4.52787

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, merancang, dan mengukur tingkat validitas Modul Digital pada mata kuliah Evaluasi Kurikulum di jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model Alessi dan Trollip yang dikembangkan, dengan tiga tahap utama, yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain, dan (3) tahap pengembangan. Subjek penelitian melibatkan dua validator untuk materi dan media, 20 mahasiswa teknologi pendidikan, dan satu dosen pengampu. Hasil validasi materi memperoleh kualifikasi sangat baik, sementara validasi media mendapatkan kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan dilakukan pada dua kelompok pengguna, yaitu mahasiswa dan dosen pengampu, dan keduanya menunjukkan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis ini, dapat disimpulkan bahwa modul digital untuk mata kuliah evaluasi kurikulum ini valid dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Admadja, Ismali Perwira & Marpanji, Eko. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa SMK di Bidang Keahlian Karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, (Online), Vol. 6 No.2, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8107, (diakses 24 Juli 2022).

Arifin, Zainal. (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1-7.

Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12.Arikunto, 2017

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96.

Muhimatunnafingah, S., Herimanto, H., & Musadad, A. A. (2018). Efektivitas model pembelajaran mandiri menggunakan modul digital dan modul cetak terhadap hasil belajar sejarah ditinjau dari minat baca siswa. Jurnal CANDI, 18(2), 29-43.

Nolan, R. (2017). Adventages and Disadventages of E-Learning Technologies for student. Retrieved February 3, 2020, from 31 juli website: https://www.joomlalms.com/blog/guest-post/elearning-adventagesdisadventages.html

Nugraha, A., Subarkah, C., & Sari. (2015). Penggunaan E-Module Pembelajaran Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Untuk Mengembangkan Literasi Kimia SIswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3839–3851.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats