Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Melalui Media Aplikasi Chinese Skill

Nur Sinar Syharir(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i3.50881

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Mandarin siswa melalui penerapan aplikasi Chinese Skill. Penelitian menggunakan metode tindakan kelas dengan model John Elliot yang mencakup tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sampel penelitian terdiri dari 12 siswa kelas IX. Penelitian terdiri dari dua siklus, masing-masing dengan dua pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes peningkatan kosakata bahasa Mandarin dan lembar observasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Chinese Skill berhasil meningkatkan kosakata bahasa Mandarin siswa. Rata-rata peningkatan kosakata siswa pada siklus I adalah 62,5, sementara pada siklus II meningkat menjadi 82. Terdapat peningkatan sebesar 19,5 dalam kosakata bahasa Mandarin siswa setelah penerapan aplikasi ini.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budianingsih, T., & Dewi, A. (2020, December). Pengenalan Pembelajaran Bahasa Mandarin Dengan Menggunakan Metode Quantum Teaching. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020P-63).

Christian, J., Thamrin, L., & Lusi, L. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Chineseskill Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Cakrawala Linguista, 4(2), 96-104.

Handoko, L. V. A. (2019). “Strategi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Mandarin Pada Aplikasi Pembelajaran Chineseskill.” Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture 07(02): 29–38.

Hidayati, A. N., Hakkun, R. Y., & Sa'dyah, H. (2017). Let's Play Mandarin: Media Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Sekolah. 47.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Nurkholis (2013), Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, Vol.1, No.1

Umar, Alimin. & Kaco, Nurbaya. (2008). Penelitian Tindakan Kelas: Pengantar ke dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Penerbit UNM


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats