Pengembangan Media Video Edukasi Pencegahan Pencemaran Nama Baik di Instagram

Adim Nur Majid(1*),

(1) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v4i1.50069

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengenali kebutuhan, merancang, dan mengevaluasi tingkat kevalidan media video edukasi dalam pencegahan pencemaran nama baik di Instagram. Pengembangan model mengacu pada model Alessi dan Trollip yang telah dikembangkan, terdiri dari tiga tahap utama, yakni (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Subjek penelitian melibatkan dua validator untuk materi dan media, serta 20 pengguna Instagram yang dipilih secara acak sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil validasi materi menunjukkan kualifikasi yang sangat baik, sedangkan validasi media mendapatkan kualifikasi yang baik. Uji coba kepraktisan menunjukkan hasil yang sangat baik. Dengan mempertimbangkan analisis ini, dapat disimpulkan bahwa media video edukasi ini tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga memiliki daya tarik visual, kemudahan akses, dan konten yang relevan bagi pengguna Instagram, sehingga dapat dijadikan sebagai media efektif dalam upaya pencegahan pencemaran nama baik di platform instagram.


Full Text:

PDF

References


Admadja, Ismali Perwira & Marpanji, Eko. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa SMK di Bidang Keahlian Karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, (Online), Vol. 6 No.2, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/8107.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan

sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Chotima, N. S. (2017). Akibat Hukum Bagi Pencemar Nama Baik Yang Merugikan Perusahaan Melalui Media Elektronik (Doctoral Dissertation, Universitas Narotama)

Jatmiko, M. I. (2019). Post-truth, media sosial, dan misinformasi: pergolakan wacana politik pemilihan presiden indonesia tahun 2019. Jurnal Dakwah Tabligh, 20(1), 21-39.

Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12.Arikunto, 2017

Mustika, R. (2016). Representasi Nilai–nilai Edukasi Pada Simbol Dan Elemen Video Iklan Layanan Masyarakat Internet Sehat Aman. Masyarakat Telematika dan Informasi, 7(2), 89-106.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Sari, T. P., & Ajeng, A. W. (2017). Peran Bahasa Dan Media Sosial sebagai Pembangun Citra Diri di Era Global. Fkip E-Proceeding, 341-354.

Suryani, Y., Istianingrum, R., & Hanik, S. U. (2021). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Aurel Hermansyah di Media Sosial Instagram. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 107-118.

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). Analisis literasi digital pada konten instagram@ infinitygenre. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 25-34


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats