Dampak Pelatihan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Hard Skill Guru Pondok Pesantren At-Taubah

Gita Nurfadilah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i2.43344

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan awal guru dalam mengengembangkan media presentasi, mengukur gambaran pelaksanaan pelatihan media presentasi, dan melihat pengaruh pelatihan media presentasi terhadap peningkatan kemampuan hardskill guru di Pondok Pesantren Yapid At-taubah Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan metode yang hanya menggunakan satu kelompok perlakuan dan tidak menggunakan kelompok kontrol. Sampel dari penelitian ini yaitu guru Pondok Pesantren yang berjumlah 14 orang. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji t-test maka diperoleh nilai rata-rata kemampuan guru dalam membuat media presentasi di Pondok Pesantren Yapid At-taubah Kabupaten Polewali Mandar. Setelah pelaksanaan pelatihan media presentasi lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan media presentasi terdapat pengaruh yang positif terhadap peningkatan kemampuan hardskill guru dalam mengembangkan media pembelajaran di Pondok Pesantren Yapid At-taubah Kabupaten Polewali Mandar.

Full Text:

PDF

References


Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Rahman, F. (2022). Pengaruh Pelatihan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo. JETCLC: Journal Educational, Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 2(4), 131-134.

Wartomo, W. (2018). Peranan Teknologi Pendidikan Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Universitas PGRI Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats