Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto Prodi Teknologi Pendidikan
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i4.40667
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan video pembelajaran, merancang video pembelajaran, dan menilai tingkat validitas serta kepraktisan video pembelajaran sebagai media bagi mahasiswa program studi teknologi pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media video pembelajaran. Model yang digunakan adalah model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate), penelitian ini hanya mencapai tahap pengembangan. Responden dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan statistic deskriptif. Hasil validasi media video pembelajaran oleh ahli materi mencapai kualifikasi sangat baik, dan hasil validasi oleh ahli media juga mencapai kualifikasi sangat baik, sehingga penelitian dapat dilanjutkan dengan merevisi media video pembelajaran. Uji coba kepraktisan menunjukkan hasil yang baik, dan tanggapan dosen pengampu mata kuliah pengembangan media foto juga mencapai kualifikasi baik. Sehingga, media video pembelajaran valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hidayah, N., Pamungkas, S. J., & Alamsyah, M. R. N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Fungi Dalam Desain STAD Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Assalam Tempuran. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 5(2), 72-80.
HS, Khaerul. A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran untuk Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. http://eprints.unm.ac.id/24007/
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12.
Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes Through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 183–189.
Nadeak, B., & Naibaho, L. (2020). Video-Based Learning On Improving Students’learning Output. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(2), 44-54.
Pattaufi. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) Pada Mata. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2).
Priantini, D. A. M. M. O. (2020). The development of teaching video media based on Tri Kaya Parisudha in educational psychology courses. Journal of Education Technology, 4(4), 448-455.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Wahyuni, N. L. P. I., Sudatha, I. G. W., & Jayanta, I. N. L. (2021). The Use of Tutorial Video in Learning Energy Sources. International Journal of Elementary Education, 5(2), 479.
Article Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751 View My Stats