Pengembangan Kuis Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 13 Makassar

Reski Fadillah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i2.38137

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kuis interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 13 Makassar. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dengan 3 tahap pengembangan yaitu (1) Tahap Perencanaan (Planning), (2) Tahap Desain (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil validasi media pembelajaran dan isi materi menunjukkan kualifikasi sangat baik, sementara hasil uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan kualifikasi sangat baik dan baik. Hasil tanggapan guru juga menunjukkan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, media kuis interaktif dianggap valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan pembelajaran di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1297-1304.

Permendikbud. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Sundari, Asih, dkk. 2015. Pengembangan Kuis Interaktif Type Multiple Respone untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika, 3 (1)

Warsita, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik, 17(1), 092–101. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats