Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 4 Jeneponto

Putri Ayu Malini(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i2.37851

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Jeneponto sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, serta untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan desain penelitian One group pretest-posttest yang diujicobakan pada sampel berjumlah 33 siswa dari kelas XI IPS 2. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah penerapan pembelajaran STAD dengan nilai rata-rata pretest 65,60 dan nilai posttest 82,87. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Jeneponto.


Full Text:

PDF

References


Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning Metode Tehnik, Struktur dan Mode Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 14(1).

Marviglia, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus di SMA YAS Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Armas Wijaya.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats