Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Siswa SD Negeri 1 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep

Nur Halisa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.37742

Abstract


Penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs (Non-design) yang bertujuan untuk mengetahui ada atau pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep. Sampel pada penelitian ini sebanyak 16 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil observasi aktivitas guru dalam proses pembelajaran menggunakan platfrom WhatsApp presentasi tingkat pencapaian termasuk dalam kategori sangat baik dan pada hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran daring menggunakan platfrom WhatsApp presentasi tingkat pencapaian termasuk dalam kategori cukup baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh buruk pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 1 Bonto-Bonto kab. Pangkep.


Full Text:

PDF

References


Afnibar dan Fajhriani. (2020). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa Uin Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.Vol.11(1).70-83.

H, Nurhikmah., Suradi, Tahmir, Muhammad Junda, and B. A. N. B. (2018). Development of Learning Media Based on MOODLE Integrated with Blended Learning in Mathematic Learning Process at SMA Muhammadiyah

Nurkholis, N., 2013. PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. J. Kependidikan 1, 24– 44.https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. 56–60.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Batam: CV Sarnu Untung.

Qomarudin, Y. B. dan M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yoqyakarta: Deepublish.

Sari, Novita (2022). “Game edukasi online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Kakaktua Makassar.” dalam JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION, Vol 2 Nomor 2 (halaman 2). Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, dkk.2018. Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.7 (1). 1-22.

Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pemjbelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats