Pengembangan Komik Berbasis Augmented Reality Protokol Kesehatan 5M untuk Pembelajaran Tatap Muka

Nur Annisa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i1.37467

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kepraktisan dan kelayakan media sebagai replikasi pembelajaran tatap muka untuk siswa sekolah dasar. Format penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Alles and Troll (planning, design, development). Alat mengumpulkan data yang digunakan yaitu instrumen lembar form evaluasi ahli material dan pakar media, survei respon guru dan siswa, dan metode observasi. Temuan dari studi ini adalah penelitian yaitu pertama, dihasilkan berupa produk Media Komik AR yaitu. Kartun dan aplikasi augmented reality yang menyertakan konten dari Protokol Kesehatan 5M. Hasil temuan kedua, yaitu hasil studi kepraktisan/kelayakan media secara keseluruhan sesuai dengan kriteria skala penilaian kualifikasi produk yaitu Hasil validasi oleh pakar material dan pakar media serta hasil praktikalitas yang dilakukan oleh peserta didik dan guru. Diperoleh hasil uji kelayakan validitas dan praktikalitas dengan rata-rata yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Adam, I. W., & Mutaqin, Z. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Upaya Pengenalan Covid 19 dan Protokol Kesehatan Di Desa Pakemitan. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(18), 53-61.

Allesi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and. Development. Massachusetts: A Pearson Education Campany.

Dagun, S. M. (2006). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).

Dessiane, Trivena Syera dan Hardjono, Nyoto. 2020. Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vo. 1, No. 2.

Fadhila, G., Hamdani, S., Hasyul, S. fatimah P., Lisni, I., & Widyawati, S. (2021). Jurnal medika cendikia. 08, 57–65.

Hotimah, & Ulyawati, S. R. (2020). Pendekatan Heutagogi dalam Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 152–159.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1990). Jakarta: Balai Pustaka

Kemendikbud. (2020). SE No 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid 19. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawan, Y. I., & Kusuma, A. F. S. (2021). Aplikasi Augmente reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 8(1), 7-14.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sumartini, Harahap, K. S., & Sthevany. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Di Perusahaan Pembekuan Tuna X. Aurelia Journal, 2(1), 29–38

Widyastuti, A. , Mawati, A. T.,Yuniwati , I.,Simarmata,J.,Pakpahan,A.F.,Ardiana, D. P. Y., Gandasari, D.,& Inayah,A.N.(2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Zakariah,M.A.,Afriani,V.,&Zakariah,K.H. M. (2020).Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats