Kajian Strategi Pembelajaran Guru Biologi di MA Muhammadiyah Bantaeng Pasca Pandemi Covid-19

Agus Umar Dani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i3.37101

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran pada guru mata pelajaran biologi kelas XI di MA Muhammadiyah Bantaeng pasca pandemi covid-19. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Bantaeng. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru biologi kelas XI memiliki tingkat apresiasi yang tinggi kepada peserta didiknya. (2) Guru biologi kelas XI memposisikan diri sebagai sumber belajar, yang ditunjang dengan buku paket. (3) Guru biologi kelas XI mendistribusikan materi menggunakan metode ceramah. (4) Proses pembelajaran dilengkapi dengan praktikum. (5) Faktor pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran adalah hubungan emosional antara guru dan peserta didiknya yang telah terbangun, dan jumlah peserta didik kelas XI adalah 16 orang, sehingga memudahkan guru dalam mengontrol. (6) Faktor penghambat adalah partisipasi rendah peserta didik dalam melibatkan diri dalam proses pembelajaran. Penghambat lainnya adalah alokasi waktu belajar selama 30 menit yang diterapkan oleh pihak sekolah. Dan penghambat yang terakhir adalah ketidakpiawaian guru biologi kelas XI dalam mengoperasikan sarana penunjang pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Anggraeni, Nani. 2020. Strategi Pembelajaran Guru Agama Islam pada Peserta Didik Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Asrori, Mohammad. 2013. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Vol. 5 (2) 163-188. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117 (diakses tanggal 2 November 2021)

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, Vol. 1 (3): 34-44. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199 (diakses tanggal 6 Oktober 2021)

Iswadi, M. P., Karnati, N., Ahmad Andry, B., & Adab, P. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K. Yin. Penerbit Adab.

Kemdikbud. (2021). Pagu Anggaran Kemendikbud Tahun 2021 Sebesar Rp81,5 Triliun. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/01/pagu-anggaran-kemendikbud-tahun-2021-sebesar-rp815-triliun

LPPM. (2020). Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 440/1972/B.um.UM 2020. https://lppm.stie-ypup.id/penelitian/opini/itemlist/user/134-adminlppm

Moleong, Lexy, J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Makalah. Disajikan saat Terlibat sebagai Penguji Disertasi Ujian Tertutup maupun Terbuka, Malang: 2017.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020, (2020). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats