Pengembangan Website Bimbingan Tugas Akhir di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i3.36990
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan website bimbingan tugas akhir di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model 4d (define, design, development, disseminate). Tingkat kebutuhan website ini berada pada sangat dibutuhkan. Website yang dikembangankan mengacu pada Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi media dan desain, angket validasi isi/materi, angket respon mahasiswa, serta angket tanggapan dosen pembimbing tugas akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media dan desain serta validasi isi/materi berada pada kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen pembimbing tugas akhir berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa website bimbingan tugas akhir yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada proses bimbingan tugas akhir dan dapat digunakan dalam jangka panjang meskipun sudah tidak dalam kondisi pandemi covid-19.
Full Text:
PDFReferences
Ayu, E. R. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Online SYAM-OK Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication. 2 (3), 78-85
Efendi, T. F. (2017). Pengembangan Website Smk Negeri 3 Sukoharjo. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 957–964.
Ismail, M. P., & Bambang Triyanto, M. M. (2020). Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi): Suatu Pedoman. Penerbit Lakeisha.
Mulyatningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & ... (2021). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan …, 9(2), 545–554. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/35090
Permadi, I. W. W., & Prasida, T. A. S. (2022). Penerapan Teknologi Ajax pada Desain Website Pariwisata Kota Salatiga menggunakan UML dan UCD. Jurnal Bina Komputer, 4(1), 39-50.
Surat Edaran Nomor: 759/UN36/2020 Tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan Universitas Negeri Makassar
Article Metrics
Abstract view : 65 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751 View My Stats