Analisis Kebutuhan Sex Education untuk Sekolah Dasar di Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.36431
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar sex education di SD Negeri di Makassar. Penelitian ini adalah penenlitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar sex education untuk sekolah dasar di Makassar. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik mengetahui area pribadi yang harus dilindungi dan bagaimana berinteraksi jika bertemu dengan orang yang tidak mereka kenal. Akan tetapi, disisi lain beberapa peserta didik tidak mengetahui area pribadi yang harus dilindungi bahkan sebagian besar peserta didik menganggap bahwa mereka boleh menyentuh area pribadi orang lain. Pemahaman yang keliru tersebut dapat menjadikan anak rentan menjadi korban bahkan pelaku kekerasan seksual. Hasil penelitian tersebut menunjukkan pentingnya media pembelajaran sex education yang tepat untuk digunakan okeh anak usia sekolah dasar sesuai dengan minat dan kebutuhan usianya.
Full Text:
PDFReferences
Andriani, A., Anwar, C. R., Akram, N., & Alimuddin, N. A. (2021). Cyberbullying among teenage K-pop fans. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(2), 9–17. https://doi.org/10.26858/jppk.v6i2.16696
Anwar, C. R., & Ramadani, P. (2021). Digital Storytelling: Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 1(8), 82–86.
Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi Pendidikan Seks untuk Meningkatkan Sikap Orangtua dalam Pemberian Pendidikan Seks. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 10(2), 133–150. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art5
Herlina, D. (2019). Literasi Media: Teori dan Fasilitasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Merdeka.com. (2019). Data KPAI, Selama 2019 Ada 123 Anak Korban Kekerasan Seksual di Institusi Pendidikan. 31 Desember. https://www.merdeka.com/peristiwa/data-kpai-selama-2019-ada-123-anak-korban-kekerasan-seksual-di-institusi-pendidikan.html
Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Sosio Informa, 1(1), 13–28. https://doi.org/10.33007/inf.v1i1.87
Ratnasari Risa Fitri, & Alias M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Tarbawi Khatulistiwa, 2(PENTINGNYA PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI), 55–59.
Roqib, M. (2008). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298
Sciaraffa, M., & Randolph, T. (n.d.). “You Want Me to Talk to Children about What?”: Responding to the. 2011.
Suryani, I. (2019). UPAYA PREVENTIF UNICEF (United Nations Children’s Fund) DALAM PENCEGAHAN KEJAHATAN SEKSUAL PADA ANAK (Studi kasus pada video animasi pendidikan anak “Kisah Si Geni”). AKRAB JUARA, 4.
Umar, N. M., Noviekayati, I., & Saragih, S. (2018). Efektivitas Personal Safety Skill terhadap Peningkatan Kemampuan Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak Ditinjau dari Jenis Kelamin. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5815
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2002. (n.d.). https://hkln.kemenag.go.id/download.php?id=188
Article Metrics
Abstract view : 1343 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751 View My Stats