Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Kuliah Pengantar Sinematografi di Prodi Teknologi Pendidikan

Ahmad Fadel(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i2.36430

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, desain, validitas, dan kepraktisan media video tutorial. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip dengan tiga tahapan pengembangan yaitu (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Desain, dan (3) Tahap Pengembangan. Analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil validasi media pembelajaran tergolong sangat baik, hasil validasi isi atau materi tergolong baik, hasil uji coba kelompok kecil tergolong sangat baik, hasil uji coba kelompok besar tergolong sangat baik, dan respon dari dosen mata kuliah tergolong baik. Berdasarkan data hasil tersebut maka media pembelajaran yang dikebangkan dianggap valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Pengantar Sinematografi di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM.


Full Text:

PDF

References


Alessi & Trollip. Stephen M. Alessi & Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts: Alin and Bacon

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Efendi, A., Sumarni, S., & Efendi, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah mekanika tanah. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 1(1).

Hidayah, N., Sukardjo, M., & Situmorang, R. (2020). Development of Nail Art Tutorial Video on. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(02).

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 25 Juni, 2019. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf.

Pratama, A., Tristanti, F., Tutorial, V., & Grafis, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Pada E-Learning Sebagai Sumber Belajar Alternatif Dalam Mata Kuliah Desain. 4(2), 23–28.

Saputra, H., & Anwar, C. R. (2019). Digital Dan Pengantar Sinematografi: Buku Ajar Yang Bercerita. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 232–246.

Warsita, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik, 17(1), 092–101. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats