PERSEPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNING PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI KINERJA

Sri Wahyuni(1*), A. Nidaul Magvira Nasrun(2), Ilham Taufik(3),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.35874

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menguraikan hasil penelitian tentang persepsi mahasiswa teknologi pendidikan terhadap pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata kuliah teknologi kerja. Di antaranya pendapat mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran, kelebihan dan kekurangan E-Learning, dan harapan mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik survei seperti angket kuesioner yang dibagikan secara online kepada mahasiswa aktif teknologi pendidikan angkatan 2019 yang mengikuti mata kuliah teknologi kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas dengan pembelajaran menggunakan e-learning karena efisiensi waktu dan fleksibilitas nya serta harapan mahasiswa adalah adanya pemberian tugas yang terstruktur dan terjadwal.

Full Text:

PDF

References


E-learning dalam Persepsi Mahasiswa | Saifuddin | Jurnal VARIDIKA. (2018). Universitas Muhammadiyah Surakarta Online Journals. https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5637

Chusna, Nuke Lulu Ul. 2019. “Pembelajaran E-Learning.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI 2: 113–17.

Elyas, Ananda Hadi. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” (April).

Neno, Marianus Saldanha, Yosefina K.I.D.D. Dhae, Anderias Anabuni, and Yuri Fa’ah Sandra. 2022. “ADAPTASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAGI SISWA/I DAN GURU DI SMPN 1 AMANUBAN BARAT.” 2(2): 1285–92.

Prasetyaningtyas, Susi. 2021. “Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di SMP N 1 Semin.” Jurnal Karya Ilmiah Guru 5(1): 86–94.

Saifuddin, Much. Fuad. 2018. “E-LEARNING DALAM PERSEPSI MAHASISWA.” : 102–9.

Wahyuni, Eko Sri, and Yokhebed Yokhebed. 2019. “Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak.” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 8(1): 32.

Yodha, Seno, Zainu Abidin, and Eka Adi. 2019. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3): 181–87.

Chusna, Nuke Lulu Ul. 2019. “Pembelajaran E-Learning.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI 2: 113–17.

Elyas, Ananda Hadi. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” (April).

Neno, Marianus Saldanha, Yosefina K.I.D.D. Dhae, Anderias Anabuni, and Yuri Fa’ah Sandra. 2022. “ADAPTASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BAGI SISWA/I DAN GURU DI SMPN 1 AMANUBAN BARAT.” 2(2): 1285–92.

Prasetyaningtyas, Susi. 2021. “Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di SMP N 1 Semin.” Jurnal Karya Ilmiah Guru 5(1): 86–94.

Saifuddin, Much. Fuad. 2018. “E-LEARNING DALAM PERSEPSI MAHASISWA.” : 102–9.

Wahyuni, Eko Sri, and Yokhebed Yokhebed. 2019. “Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak.” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 8(1): 32.

Yodha, Seno, Zainu Abidin, and Eka Adi. 2019. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3): 181–87.

Yodha, S. A., Abidin, Z., & Adi, E. P. (2019). Persepsi Mahasiswa TERHADAP pelaksanaan e-learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem informasi mahasiswa jurusan teknologi pendidikan Universitas Negeri Malang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Retrieved May 27, 2022, from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/8212


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats