Pengaruh Pelatihan Media Presentasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di SMPN 1 Marioriwawo.

Fathur Rahman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.35736

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kompetensi awal guru dalam mengembangkan media presentasi, mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan media presentasi, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh pelatihan media presentasi terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang menggunakan jenis quasi eksperiment dengan metode hanya menggunakan satu kelompok perlakuan. Sampel dari penelitian ini yaitu guru SMP yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, angket dan tes, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan uji t-test maka diperoleh nilai rata-rata kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo setelah pelaksanaan pelatihan media presentasi lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pelatihan media presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pelatihan media presentasi terdapat pengaruh yang positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SMPN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.


Full Text:

PDF

References


Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamid, M. A., Ramadhani, Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaluddin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Misbah, D., Surya, M., & Maskur. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran yang Berbasis Power Point Model Pop Up untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, (Online), Vol.2 No.2. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/144, DOI: https://doi.org/10.31980/tp.v2i2.144.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats