Hubungan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Tidung Kota Makassar

Nur Nurabidah Nurabidah(1*), Saharullah Saharullah(2),

(1) Universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i3.35647

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bertujuan (1) mengetahui gambaran motivasi membaca siswa kelas V SD Negeri Tidung (2) untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tidung (3) bertujuan mengetahui hubungan motivasi membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tidung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi membaca, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI sebanyak 150 siswa. Sampelnya yaitu, kelas V dengan kuantitas 37 siswa dengan metode pengambilan sampel non probability sampling jenis purposive sampling. Adapun hasilnya menunjukkan minat baca siswa kelas V di SD Negeri Tidung berada pada rentang sedang dengan persentase sebesar 41%. Adapun kemampuan membaca pemahamannya siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 43%. Serta diperoleh nilai sig antara kedua variabel tersebut yaitu 0,000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi membaca dengan kompetensi membaca pemahaman siswa kelas V SDN Tidung Makassar.

Kata Kunci: motivasi membaca, kompetensi membaca pemahaman


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Aswan (2022) Pendekatan Pembelajaran Asinkronus pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 5 Bulukumba. Journal Of education Technology, Curriculum, Learning And Communication, JETCLC Vol 2 No 22, hal 55;59. April 2, 2022.

Astuti, P., Mumpuni, A., & Pranoto, B. A. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(1).

Dalman & Maharani (2017). Keterampilan Membaca. Bandung: Rajawali Pers.

Darmadi. (2018). Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta: GUEPEDIA.

Ermidar, E. 2018. Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. PT Rajagrafindo Persada, Depok.

Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Edukasi Khatulistiwa, 3(1), 27– 34.

Kadang, Eva, S 2020 Keterampilan berbabahasa Indonesia. Badan Pusat Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sutoyo, 2021. Tekhik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Slamet Riyadi Press.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats