Pengembangan Buku Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Jumarni Anty(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i1.35567

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pengembangan buku digital pada tingkat kebutuhan, desain, validitas, kepraktisan dan evaluasi buku digital pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas 6 SD Negeri Paccinang. Pendekatan penelitian menggunakan R & D. Subjek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran PJOK, siswa kelas 6, validator isi dan validator media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan angket. Sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu: pada pengisian angket menentukan tingkat kebutuhan peserta pada kualifikasi yang dibutuhkan, persyaratan material untuk kualifikasi yang dibutuhkan dan identifikasi kebutuhan guru pengampu mata pelajaran memiliki kualifikasi yang diperlukan. Adapun hasil validasi oleh ahli isi/materi pakar desain dalam keadaan baik, tahap uji coba kelompok kecil dalam keadaan baik, tes individu dalam kondisi sangat baik, dan jawaban dari instruktur mata pelajaran sangat baik. Temuan penelitian ini mendukung tingkat analisis kebutuhan sebagai kesimpulannya. Dalam produksi buku digital pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah kualifikasi yang diperlukan dan produk buku digital ini kompeten dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Anggoro, S. B., 2015. “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika (Online). Vol.6, No.2. https://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/aljabar/article/view/25/436 (Diakses tanggal 10 Desember 2021)

Asrori Muhammad, (2013). Pengertian, Tujuan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran (Online). Vol.5, No.2 https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1-7. (Online) Vol 9 No 1 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/11987

Khaerul, 2021 Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Untuk Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ruddamayanti, R. (2019, March). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Sitepu, B.P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. (Cetakan ke-1 ed ke-1). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats