Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Selama Masa Pandemi Covid-19.

Amaliah Siti putri limpo Limpo(1*), Irma Irma(2), Ayu Lestari(3),

(1) Universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i3.35515

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis  gambaran tentang bagaimana media aplikasi TikTok dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada studi kepustakaan atau literature review. Adapun tahapan prosedur penelitian yang dilakukan, yakni: melakukan studi literatur atau penelusuran artikel penelitian yang mendukung penelitan tentang penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif, dan menjadi solusi yang dapat digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra, 6(1), 147-157.

Arnidah, A., Anwar, C. R., & Aswan, D. (2023). Pengembangan Media Video Mengajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Case Method dan Team-Based Project untuk Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 768-779.

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Birgitta, Ajeng (2020). Jumlah Unduhan TikTok Melejit di Januari 2020. Uzone.id. dikutip dari https://uzone.id/jumlah-unduhan-tiktok melejit-di-januari-2020

Creswell, John W. (2012). Educational research: planning, conducting, evaluating, quantitative and qualitative research (Fourth Edition). United State of America: Pearson Education Inc

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fitriyani E & Nulandi PZ, (2017). Efektivitas media flash cards dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris. Jurnal Ilmiah Psikologi,, Vo.4 No.2, hlm. 167-182

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70-80.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Laudea, E. M. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas XII SMKN 1 Pamona Selatan. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning And Communication, 1(4), 173-179.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris melalui media audio visual (animasi) pada paud. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133-140.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Sari, L., & Lestari, Z. (2019, February). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Sugiharti, RE & Riftina, Y (2018). Upaya meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris melalui model scramble pada siswa kelas 4 SDN jatimulya 04 tambun selatan. Indonesian Journal of Primary Education,, Vol. 2 No.2, hlm. 14-22.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Uzone. (2020). Jumlah Unduhan TikTok Melejit di Januari 2020. Diakses dari https://uzone.id/jumlah-unduhan-tiktok-melejit-di-januari-2020


Article Metrics

Abstract view : 252 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats