Pengembangan Modul Digital Hypercontent pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 3 Bantaeng

Jabal Nur(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.35454

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan siswa, mendesain modul digital hypercontent, mengukur tingkat validitas dan kepraktisan modul digital hypercontent pada mata pelajaran sosiologi kelas XII di SMAN 3 Bantaeng. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi tingkat kebutuhan siswa berada pada kualifikasi dibutuhkan, identifikasi kebutuhan materi siswa yang yang menjawab YA berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan sedangkan yang menjawab TIDAK berada pada kualifikasi sangat kurang dibutuhkan, dan identifikasi kebutuhan kepala sekolah berada pada kualifikasi sangat dibutuhkan. Selanjutnya pada tahap validasi, hasil validasi ahli materi/isi berada pada kualifikasi sangat baik, validasi ahli media berada pada kualifikasi sangat baik dan pada tahap uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sangat baik, pada tahap uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik, serta penilaian/tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tingkat analisis kebutuhan produk modul digital hypercontent pada mata pelajaran sosiologi berada pada kualifikasi dibutuhkan serta produk modul digital berada pada kualifikasi valid dan praktis.


Full Text:

PDF

References


Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19). Jakarta.

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, vol. 13, no. 7.

Ningsy A, Pattaufi, Febriati F (2021). Pengembangan Bahan Ajar Video Animasi Berbasis Budaya Lokal di SDI Mattirowalie, Kabupaten Barru. Jurnal Of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication. Vol. 1 No. 4 Oktober 2021.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Sugihartini, & Laba. (2017). Pengembangan E- modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 14, no. 2


Article Metrics

Abstract view : 6624 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats