Efektivitas Pengelolaan Manajemen Pembelajaran di SDN Inpres No. 205 Masalleng

Asfiyanti Asfiyanti(1*), Nurul Wahida(2), Nurannisa Nurannisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i4.35423

Abstract


Tujuan penelitian untuk menganalisis efektivitas pengelolaan manajemen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan tujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan manajemen pembelajaran di kelas II SDN Inpres No. 205 Masalleng dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Desktiptif kualitatif dipergunakan untuk menjelaskan ataupun meringkas berbagai situasi, kondisi, fenomena atau berbagai variabel penelitian berdasarkan kejadian sebagaiamana mestinya yang dapat difoto, diwawancara, diobservasi, serta yang bisa dijelaskan berdasarkan hasil dokumentasi, yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan manajemen pembelajaran. Menurut hasil penelitian pada Pembelajaran di kelas 2 SDN Inpres No. 205 Masalleng sudah cukup efektif dan kondusif. Karena guru sudah mampu mempertimbangkan metode dan strategi pembelajaran yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung.  Sehingga peserta didik mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh gurunya dan tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Manajemen kelas di SDN Inpres No. 205 Masalleng khusunya pada kelas yang telah kami observasi sudah tersusun dengan baik, baik dari perangkat pembelajaran, susunan prosedur, susunan tempat duduk, maupun hubungan sosial antara peserta didik dalam proses pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Hidayanti, F., Hakim, A., & Febriati, F. (2022). Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Manajemen Pembelajaran. 2 Nomor 1, 30–35.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 27–44. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya Di Sekolah/Madrasah. Depok, Indonesia: Prenadamedia Group.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Rukmana, A., & Suryana, A. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03, 285–311.

Usman, M. U. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wijawa C., & Rusyan, A. T. (1994). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats