Analisis Video Pembelajaran dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa

Anugrah Hidayah(1*), Rahmat Al Qadri Basri(2), Muhammad Yusuf(3),

(1) Universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i3.34775

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mencari tahu bagaimana video pembelajaran bisa menjadi media efektif yang dapat dipilih untuk peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran siswa saat di Sekolah. Metode penelitian yang kami gunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan metode library research yaitu dengan pencarian dan pengumpulan data dari internet, referensi ilmiah atau jurnal yang berhubungan dengan topik video pembelajaran dan peningkatan minat belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan teknik analsis deskriptif. Penelitian ini menganalisis sumber-sumber data yang telah didapatkan dari internet berupa artikel dengan penelitian serupa yang kemudian digabungkan dan dianalisis sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran dapat meningkatkan minat  belajar pada siswa.

Kata Kunci: video pembelajaran, siswa, minat belajar.


Full Text:

PDF

References


Alala, P. H. (2021). Pengembangan Video

Tutorial Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Negeri 1 Makassar. JETCLC, 1 Nomor 2, 65–73.

Batubara, H., & Ariani, N. (2016). Pemanfaatan

video sebagai media pembelajaran matematika SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2 (1), 47–66.

Melinda, V. A., & dkk. (2017). Pengembangan

Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton-Kencong. JINOTEP, 3 Nomor 2.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, Adr. I.

W. I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1 Nomor 2, 91–100.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video

Sebagai Media Pembelajaran. Sukabumi.

Maulida, S., & Mansur, H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 1(1), 9.

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1), 30. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sa’adah, I., Promono, S. E., & Suharsono, R. (2017). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education, 5. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe


Article Metrics

Abstract view : 280 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats