Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Mata Kuliah Micro Teaching Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Rabiatul Adabia(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i3.34619

Abstract


Penggunaan bahan ajar di sekolah maupun di universitas salah satu hal yang berfokus pada bahan ajar cetak yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kebutuhan, desain, dan mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis digital pada mata kuliah micro teaching di mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian (R&D) dikembangkan oleh Alessi dan Trollip), (planning), (design), dan (development). Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara angket dan penelusuran kepustakaan. Hasil tingkat analisis kebutuhan yang diperoleh melalui google form yang diisi oleh mahasiswa yang telah memprogram mata kuliah micro teaching dan diperoleh pada cukup dibutuhkan. Desain bahan ajar berbasis digital pada mata kuliah micro teaching dengan produk buku digital ini dikembangkan dengan acuan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Hasil tahap verifikasi materi berbasis digital menggunakan produk buku digital melalui aplikasi flip PDF profesional adalah valid terkait dengan hasil verifikasi yang dilakukan oleh profesional media, dan profesional materi atau konten sangat baik. Berdasarkan hasil validasi, materi berbasis digital ini menunjukkan hasil yang valid.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Berbasis Digital, Micro Teaching


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Budi Santoso, T. N., Siswandari, S., & Sawiji, H. (2018). The Effectiveness of eBook versus Printed Books in the Rural Schools in Indonesia at the Modern Learning Era. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 77–84. https://doi.org/10.24331/ijere.453512 Diakses 02 januari 2021

Hasfat, H., & Anwar, C.R.(2020). Multimedia in Digital Books for Simulation and Digital Communication for Vocational High School. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 453–459

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96.

Maryuliana., Imam Much Ibnu Subroto dan Sam Farisa C.H. 2016. Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika Vol. 1, No.2 Diakses 02 januari 2021

Pannen, P., Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Prasetya, D.D. (2016). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Digital Buku Digital.

Ruddamayanti, R. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding seminar nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 12(01), Article 01. https://jurnal.univpgri

Sardiman A.M.2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127-139.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats