Pengembangan Desain Pembelajaran Online SYAM-OK Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Program Studi Teknologi Pendidikan

Ela Rastika Ayu(1*),

(1) Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i3.34173

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and development). Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap desain pembelajaran online SYAM-OK, 2) untuk mendeskripsikan desain pembelajaran online SYAM-OK, 3) mendeskripsikan tingkat validasi dan kepraktisan desain pembelajaran online SYAM-OK. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D (define, design, development, disseminate). Penelitian ini dilakukan di program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi isi dan materi, angket validasi media dan desain, angket respon Mahasiswa dan angket tanggapan Dosen pengampuh mata kuliah. Hasil validasi isi dan materi berada pada kulifikasi baik dan hasil validasi media dan desain berada pada kulifikasi baik pula. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran online SYAM-OK valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran pada Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar.

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran online, SYAM-OK


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Belawati, T.(2019). Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesian Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi (online) http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendikbud109-2013Pendidikan%20Jarak%20Jauh.pdf (diakses 20 April 2021)

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(April). https://doi.org/10.7759/cureus.7541 . (dikases 21 Januari 2022)


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats