Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Online di MTsN 02 Makassar.

Adzkia Kamila Tolinggi(1), Aprilia Hestiningrum(2*), Indah Musfirah MA(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v3i3.34032

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kepercayaan diri siswa di MTsN 2 Kota Makassar pada saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan angket atau Google Form, dengan beberapa peserta didik dipilih sebagai responden atau sampel, total 92 siswa. Kepercayaan diri ditinjau dari empat indikator, yaitu keyakinan terhadap kemampuan sendiri, kemampuan bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, rasa positif terhadap diri, dan keberanian dalam mengungkapkan pendapat. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket kepada peserta didik, dan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa di semua jenjang kelas di MTsN 02 Makassar berada pada kategori cukup percaya diri, dengan 86 siswa yang menyatakan bahwa tingkat kepercayaan diri sangat penting. Setelah mendapatkan gambaran tentang kepercayaan diri siswa, rancangan program akan dibuat berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh.


Full Text:

PDF

References


Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: jurnal pembelajaran bahasa dan sastra, 6(1), 147-157.

Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2019). Pusat pengembangan kepercayaan diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695-1704.

Awaliyah, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Pengaruh rasa kesadaran terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 89-101.

Azizan, H. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap ketergantungan media sosial pada siswa di SMK Negeri 1 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(6).

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-confidence matematika siswa dalam penerapan pembelajaran online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94.

Kumalasari, D. (2017). Konsep Behavioral Therapy dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa Terisolir. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 15-24.

Macarau, V. V. V., & Stevanus, K. (2022). Peran Orangtua dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(2), 153-167.

Marlianingsih, N. (2016). Pengenalan kosa kata Bahasa Inggris melalui media audio visual (animasi) pada paud. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 133-140.

Miskanik, M., Purwaningsih, D., & Andriani, R. (2022). Efektivitas Teknik Seft (Spiritual Emosional Freedom Technique) untuk Membangun Rasa Percaya Diri Siswa SMK melalui Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5498-5506.

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Syahraeni, A. (2020). Pembentukan konsep diri remaja. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 7(1).

Synthiawati, N. N., & Ma’arif, I. (2021). Survey Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Online PJOK Pada Masa Pandemi Covid 19. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(3), 230-238.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Ulfa, U. A. (2017). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan gaya hidup konsumtif dengan kepercayaan diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4), 554-562.

Uswar, Y., Harahap, D. I., & Lubis, I. M. (2023). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Corpus Melalui Media Sketch Engine. Abdimas Mandiri-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 30-40.

Wati, I. K., & Oka, I. G. (2020). Penggunaan Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 41-49.

Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif dalam Menyampaikan Pendapat di Kelas pada Siswa SMPN 21 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 17-24.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats