Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMPN 1 Polut Terhadap Literasi Digital Pencegahan Cybercrime

Nuramaliah Nuramaliah(1*), Khusnul Hatimah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i3.33500

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap literasi digital, sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya kejahatan dunia maya atau cybercrime. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat siswa kelas VIII SMPN 1 Polut yang belum menyadari berbagai bahaya yang dapat terjadi ketika menggunakan media digital. Hal tersebut berdampak pada peningkatan resiko atau bahaya terhadap penggunanya. Sehingga dibutuhkan peningkatan kesadaran siswa terhadap bahaya dan kejahatan yang dapat terjadi di dunia maya. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai penerapan program literasi digital di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: literasi digital, kejahatan digital, media


Full Text:

PDF

References


Arifin, R. and Muthia, F. R. (2019). Kajian Hukum Pidana Pada Kasus Kejahatan Mayantara (Cybercrime) Dalam Perkara Pencemaran Nama Baik di Indonesia. RESAM Jurnal Hukum. 5(1): 21–39.

Dewi, D. A. et al. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu. 5(6): 5249–5257.

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan. 19(1): 105-119.

Fernanda, F. F. H. et al. (2020). Penerapan Literasi Digital Di Smp Negeri 20 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah. 2(2): 141–148.

Firmansyah, H. et al. (2021). Penerapan Kebijakan Digital Dalam Rangka Pencegahan Cyber Crime Ditinjau Dari Undang-Undang Ite’, in Serina III Untar 2021. Hal 1779–1784.

Giovanni, F. and Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan. 7(1): 147-162.

Gozali, A. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Journal of Counseling and Education. 1(2): 36–49.

Iman, N., Susanto, A. and Inggi, R. (2019). Analisa Perkembangan Digital Forensik dalam Penyelidikan Cybercrime di Indonesia (Systematic Review). Jurnal Telekomunikasi dan Komputer. 9(1): 186–192.

Karaman, J. et al. (2020). Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(1): 19–29.

Laksana, A. W. (2019). Pemidanaan Cybercrime Dalam Perspektif Hukum Pidana Positif. Jurnal Hukum Unissula. 35(1): 52–76.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Membangun Generasi Emas 2045. In Proceedings Of The Icecrs. Hal 13–34.

Natalia, A. (2020). Apa itu Internet dan mnfaatnya bagi Masyarakat Pedesaan. URL: Apa itu Internet dan Manfaatnya bagi Masyarakat Pedesaan - Ajaib. Diakses pada tanggal 27 Mei 2022.

Sukri, M. (2021). Literasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Tempo.co. (2019). Survei APJII: Pengguna Internet Indonesia Capai 171 Juta Jiwa. URL:https://tekno.tempo.co/read/1205948/survei-apjii-pengguna-internet-indonesia-capai-171-juta-jiwa . Diakses pada tanggal 27 Mei 2022.

Zaenudin, H. N. Et Al. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa Smp Di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi. 23(2): 167–180.

Zaini, M. And Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1): 254-264.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats