Game Edukasi Online pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kakaktua Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i3.33367
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis E-learning yang diharapkan mampu memberikan Siswa untuk tetap giat belajar serta memacu daya pikir siswa yang akan teransang untuk pengembangan sosial, emosi, dan juga perkembangan fisik melalui aktifitas bermain yang mengandung edukasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kakaktua Makassar kelas V SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dari penelitian ini berisi 2 orang validator yang terdiri dari ahli isi/materi dan ahli desain/media, Siswa-siswi yang berjumlah 25 orang dan 1 Guru pengampuh mata pelajaran Bahasa Indonesia, pemanfaatan Game edukasi online dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil pengembangan game edukasi online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD telah memenuhi kriteria valid. Kriteria validasi memperoleh pengakuan/pengesahan produk sesuai kebutuhan sehingga produk tersebut dinyatakan layak dan cocok digunakan pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu model Alessi dan Trollip (planning, design, development).
Kata kunci: game edukasi, kahoot, e-learning
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hanafi. 2017. “Konsep peneltian R&D dalam bidang pendidikan”. Dalam Jurnal kajian keislaman, Vol. 4 No. 2, (halaman 130-131). Bamten: UIN Sultan Maulana Hassanudin
Munir. 2012. Multimedia konsep & Aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi” dalam Jurnal Kependidikan IAIN. Tahun I, Nomor 1 (halaman 24-44). Purwokerto: Universitas Negeri Jakarta.
Article Metrics
Abstract view : 102 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751 View My Stats