Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Media Gambar Seni Budaya
(1) SMP Negeri 3 Palangga Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.32984
Abstract
Sebelum pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan, hasil belajar Seni budaya di SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa rendah. Kondisi ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih konvensional yaitu guru dominan menerapkan metode ceramah. Model Problem Solving menekankan aktivitas siswa dengan memanfaatkan media gambar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru melaksanakan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni budaya. Hasil belajar siswa siklus I mencapai 74%) dalam kategori baik, meningkat 16,5% menjadi 90,5% dalam kategori sangat baik, sedangkan indikator keberhasilannya adalah 85% siswa mencapai KKM.
Kata Kunci: model problem solving; media gambar; hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arens et al. 2006. “Auditing and Integrated Approach”, edisi sebelas, New Jersey: Prentice Hall
Permana. 2011. Efektifitas Model Creative Problem Solving Dengan Media Teka-Teki Silang Daun Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1(2):101. DOI:10.26618/jrpd.v1i2.1441
Hartiny, Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras
Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprayogi, Ugi dan Abdulhak. 2011. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 92 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996
Fajrin Baids: +62853-4351-0765
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751