Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dan Media Gambar Seni Budaya

Suhaeni Suhaeni(1*),

(1) SMP Negeri 3 Palangga Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.32984

Abstract


Sebelum pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan, hasil belajar Seni budaya di SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa rendah. Kondisi ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih konvensional yaitu guru dominan menerapkan metode ceramah. Model Problem Solving menekankan aktivitas siswa dengan memanfaatkan media gambar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan guru melaksanakan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni budaya. Hasil belajar siswa siklus I mencapai 74%) dalam kategori baik, meningkat 16,5%  menjadi 90,5%  dalam kategori sangat baik, sedangkan indikator keberhasilannya adalah 85% siswa mencapai KKM.

Kata Kunci: model problem solving; media gambar; hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arens et al. 2006. “Auditing and Integrated Approach”, edisi sebelas, New Jersey: Prentice Hall

Permana. 2011. Efektifitas Model Creative Problem Solving Dengan Media Teka-Teki Silang Daun Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1(2):101. DOI:10.26618/jrpd.v1i2.1441

Hartiny, Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprayogi, Ugi dan Abdulhak. 2011. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996 

Nurwahyuningsih Ibrahim: +62852-5581-6055

Fajrin Baids: +62853-4351-0765