Pendekatan Pembelajaran Asinkronus pada Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 5 Bulukumba

Aswan Ahmad(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.32853

Abstract


Fokus dan tujuan penelitian ini adalah, gambaran pelaksanaan pendekatan pembelajaran daring Asinkronus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 5 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bulukumba kelas XI pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, Kepala sekolah, dan siswa kelas XI MIPA 2 dan XI IPS 2. Pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa  dalam pelaksanaannya guru menggunakan II media pembelajaran yaitu WhatsApp dan Google Clasroom, untuk proses pembelajaran (I) guru mengidentifikasi metode, teknik dan media yang akan digunakan. (II) guru mengirim materi berupa file pdf atau materi yang sudah di foto melalui media online, serta melakukan pendampingan terhadap siswa secara berkelompok yang dilakukan setelah atau sesudah pembelajaran. (III)  tahap evaluasi guru menilai dengan menetukan afektif, kognitif dan psikomotorik. Persepsi kepala sekolah, guru dan siswa mengatakan bahwa pendekatan Asinkronus ini memberikan ilmu mengenai teknologi kepada siswa dan menjadikan siswa mandiri dalam proses pembelajaran, faktor penghambat utama yaitu jaringan kurang stabil dan faktor pendukung yaitu sekolah mengadakan pelatihan untuk guru..

 

Kata Kunci: Asinkronus. Bahasa Indonesia, Bulukumba


Full Text:

PDF

References


Choiri & Sidiq. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya

Farida, I (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Firman, F., & Rahman, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), (Online), Vol. 2 No.2 https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659 (31 Maret 2021)

Ghufron, & Rusmiati. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik. Jogyakarta: Pustaka Belajar

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & socialmedia. Internet and Higher education. (Online) V. 19 No. 1 https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1096751613000262. (30 Maret 2021)

Jultri, S. (2021). Desain Pembelajaran Pedati Sebagai Alternatif Pengembangan Metode Asinkron, journal ilininstitute (Online) Vol 1 No.1 http://digilib.unimed.ac.id/41222 (11 Agustus 2021)

Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, (Online) Vol. 5 No. 1 https://jurnaldikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/136, (6 April 2021)

Riyana, C. (2015). Konsep Pembelajaran Online.Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats