Deskripsi Penggunaan Platform SYAM-OK pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Era Pandemi COVID-19

Dwi Frima Tanty(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.32821

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran Penggunaan SYAM-OK pada MK Psikologi Pendidikan di era pandemi COVID-19, Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah Dekan FIP UNM, Ketua Prodi Teknologi Pendidikan, Dosen pengampuh MK Psikologi Pendidikan, mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2019 yang telah memprogram MK psikologi Pendidikan denggan menggunakan SYAM-OK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan, analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Gambaran pembelajaran dalam jaringan pada MK Psikologi Pendidikan menggunakan platform SYAM-OK sangat muda karena fitur-fitur yang disajikan mudah untuk dipahami, selain itu mempermudah proses pembelajaran dalam hal: Absensi, Penerimaan materi. Karena platform SYAM-OK sangat menunjang pembelajaran maka civitas akademika UNM sepakat setelah pandemi berlalu pembelajaran akan tetap menggunakan platform SYAM-OK sebagai saran penunjang pembelajaran yang baik. (2) kelebihan penggunaan platform SYAM-OK pembelajaran menjadi fleksibel dan fitur-fiturnya yang mudah dipahami, sedangkan kekurangannya kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa. (3) Faktor Penghambat dalam penerapan platform SYAM-OK adalah maintenance sedangankan faktor pendukung infrastruktur yang menunjang pembelajaran dalam jaringan di Fakultas Ilmu Pendidikan

Kata Kunci: Pembelajaran Daring; COVID-19, SYAM-OK

 


Full Text:

PDF

References


Arnesti, N., & Hamid, A. 2015. Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol.2, No.1. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/viewFile/3284/2952, (diakses 10 Agustus 2020))

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. S. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19, Jurnal Kependidikan (Online), Vol .6 No2,http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index, (diakses 4 Agustus 2020)

Haris, Hasnawi. dkk. (2021). Panduan Penggunaan SYAM-OK. Badan Penerbit UNM.

Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, (Online), Vol 1, No.1, https://alveoli.iain jember.ac.id/index.php/alv/article/view/4, (diakses 4 Desember 2021)

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 5, No.1,https://jcup.org/index.php/cendekia/articlview/537, (diakses 4 Desember 2021)

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). Jurnal SAINTEK, (Online) Vol. 1, No. 1, http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122, (diakses, 3 September 2021)

Putria, H., Maula, H.L., & Uswatun A, D. 2020. Analisis ProsesPembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (Online), Vol. 4 No.4, https://jbasic.org/index.php/basicedu/index, (diakses 11 Juli 2020).

Rahardja, U., Aini, Q., & Zuliana, S. R. 2016. Metode Learning Management System (LMS) iDu Untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar MIT Pada Perguruan Tinggi Raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, (Online), Vol 2, No.2, https://core.ac.uk/download/pdf/285996264.pdf, (diakses 7 April 2022)

Sadikin, A & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi (Online) Vol.6 No.02,https://onlinejournal.unja.ac.id/biodik . (diakses 13 September 2020)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats