Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Barombong

St. Fatimah Azsahra(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.31339

Abstract


Fokus penelitian penelitian ini untuk mengetahui gambaran Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 2 Barombong. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran nilai-nilai karakter siswa di SMP Negeri 2 Barombong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Barombong antara lain nilai karakter religius yang menerapkan kepada siswa membaca Al-Qur’an 15 menit sebelum memulai pembelajaran dan dilanjutkan dengan membaca doa belajar. Nilai karakter nasionalis disini salah satunya berbicara yang baik dan sopan, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Nilai karakter kemandirian disiplin dan datang tepat waktu ke sekolah. Nilai karakter gotong royong menerapkan program sabtu bersih. Nilai karakter integritas menanamkan sikap kejujuran dan tanggung jawab kepada peserta didik. Adapun faktor penghambat yaitu beberapa orang tua belum membiasakan pendidikan karakter yang di terapkan di sekolah dan faktor pendukung implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Barombong yaitu di dukung dengan lingkungan sekolah yang ramah dan sejuk, peraturan sekolah, motivasi dalam diri peserta didik, serta orang tua yang mempercaya guru untuk mendidik anaknya.

Kata Kunci: Implementasi, Nilai, Pendidikan Karakter, SMP


Full Text:

PDF

References


Ainissyfa (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut (Online) https://researcgate.net/publication/311856578 (Diakses pada tanggal 23 Maret 2021)

Hendarman., Saryono, D., Supnyono. (2020). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, Jakarta: Tim PPK Kemdikbud.

Miles, mattew B dan Amichael Huberman. 2007, Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi rohisi. jakarta: Universitas Indonesia.

Andriani, & Arifin (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan (Online) http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/ISSN 2615-8574 (Diakses pada tanggal 12 Januari 2022)

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan karakter Redtrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/73167/perpres-no-87-tahun-2017 (Diakses pada tanggal 23 November 2021)

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Penerbit Esensi Rosdakarya

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, (Online) Vol.1 No.2 , https://jurnaldiakom.kominfo.go.id/index.php/mediakom/article/view/20/14 (Diakkses pada tanggal 31 Desember)


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats