Film Edukasi Silariang bagi Remaja di Dusun Palambuta Kabupaten Jeneponto

Armin Super(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.30913

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan tingkat kebutuhan media film pendidikan karakter sebagai edukasi silariang terhadap remaja di dusun Palambuta kabupaten Jeneponto, Mengembangkan media film pendidikan karakter edukasi silariang terhadap remaja agar terhindar dari dampak buruk kawin lari. Menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan media film pendidikan karakter sebagai edukasi silariang terhadap remaja di dusun Palambuta. Penelitian ini akan merancang suatu produk film pendidikan karakter sebagai media edukasi silariang bagi remaja di dusun palambuta. Model pengembangan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Borg & Gall. Kebutuhan peneliti menjadi empat langkah penelitian, yaitu: Pengumpulan informasi, Perencanaan, Pengembangan bentuk awal produk dan Uji lapangan, revisi dan produk akhir. tingkat analisis dari kebutuhan pendidikan kerakter para remaja dusun Palambuta di Kabupaten  membutuhkan sebuah media film pendidikan karakter. Produk media film pendidikan karakter diyakini mampu membantu dalam mengedukasi tentang dampak buruk kawin lari. Selain itu, media film pendidikan karakter akan lebih menarik perhatian remaja jika di tampilkan dalam bentuk film fiksi bergendre drama.

Kata kunci: pendidikan karakter, siri’, film


Full Text:

PDF

References


Apriliany, Lenny dan Hermiati. 2021. Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Volume 1, Nomor 1 (halaman 192). Palembang: PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Israpil. 2015. “Silariang Dalam Perspektif Budaya Siri’ Pada Suku Makassar” dalam jurnal Pusaka. Balai Litbang Agama Makassar

Miftahul Jannah. 2016. “Remaja Dan Tugas Tugas Perkembangnya Dalam Islam” dalam Jurnal Psikoislamedia Volume 1, Nomor 1 (halaman 254-255). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ramli, M. 2012. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Bajarmasin: IAIN Antasari Press.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA Group

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” dalam Jurnal Pendidikan Karakter Tahun I, Nomor 1 (halaman 49-54). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Warsita, Bambang. 2013. “Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah” dalam Jurnal KWANGSAN Tahun I, Nomor 2 (halaman 76 & 83). Yogyakarta: PUSTEKKOM.


Article Metrics

Abstract view : 4662 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article