Analisis Kompetensi Literasi Digital Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Alfandi Alfandi(1*), Arnidah Kanata(2),

(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i1.30889

Abstract


Penelitian ini menelaah Analisis Kompetensi Literasi Digital pada Mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kompetensi literasi digital Mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi digital Mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 4 orang mahasiswa yang telah diketahui melalui wawancara awal mengenai kompetensi literasi digital. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, serta studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi literasi digital dalam hal ini mahasiswa tersebut masih pada kompetensi literasi digital Pencarian di Internet (Internet Searching) dan Navigasi hypertextual (hypertextual navigation), serta peneliti memperoleh penemuan tentang penguatan literasi digital didapatkan melalui elearning, media sosial (Youtube, Tiktok, dan Instagram) sebagai sumber belajar dan kemampuan berkarya di internet.

Kata Kunci: literasi digital; pencarian internet; pandu arah hypertextua; penyusunan pengetahuan; evaluasi konten.


Full Text:

PDF

References


Ati, Aster Pujaning. 2019. Peran Literasi Digital Dalam Mencegah Hoax Pada Siswa SMA. Universtas Indraprasta PGRI

detikCom. 2020. Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia?_ga=2.19940216.1567173554.1620502083-740438990.1612312551. Diakses 28 Maret 2020

Gibbins, Nicholas. 2014. Telling Tales: HypertextWriting.http://edshare.soton.ac.uk/13323/. Diakses 30 maret 2021

Koltay, Tibor. (2011). “The media and the literacies: media literacy, information literacy, digital literacy”. Media, Culture, & Society. 33(2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi pasal 1 ayat (5)

Anwar, C.R., & Kanata. 2017. New Media Literacy In The Education World (Phenonema Digital Media in Higher Education Communication in Makassar). The 1st International Conference on Education, Science, Art and Technology (the 1st ICESAT). Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION

Jurnal JETCLC terindeks oleh

            

   E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Merrisa Monoarfa: +62821-9175-9996

Fajrin Baids: +62853-4351-0765

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751