Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar di SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa
(1) SMP Negeri 3 Palangga Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i2.30871
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan menggunakan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 35 orang. Fokus penelitian ini ada dua yaitu hasil belajar fisika pada materi pokok energi dalam sistem kehidupan, dan media gambar. Metode pengumpul yaitu tes dan non tes. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dalam pembelajaran fisika materi pokok energi dalam sistem kehidupan dengan menggunakan media gambar. Dari hasil ini disarankan kepada guru IPA Terpadu di SMP khususnya dalam pembelajaran Fisika untuk menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi pokok energi dalam sistem kehidupan.
Kata Kunci: hasil belajar; fisika; media gambar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Burhanuddin, Elita. 1999. Manfaat, Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pengajaran. Jakarta: PPPG Bahasa.
Depdikbud, 1993. Buku Pedoman Penyelenggaraan MGMP Seluruh Indonesia. Jakarta.
Depdikbud, 1990. Kamus Besar Fisika. Jakarta: Balai Pustaka
Hendi, Zaidan, 1993. Model Pembelajaran Fisika. Jakarta: Karina Safala Karya
Jawaruddin. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Makassar. Thesis.
Kemendikbud 2014. Silabus IPA Terpadu Untuk SMP. Jakarta. Kemdikbud.
Ratna. 2012. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Melalui Media Gambar. Makassar. Thesis.
Syarif, Elina. 1999. Fisika. Jakarta: PPPG IPA
Article Metrics
Abstract view : 130 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION
Jurnal JETCLC terindeks oleh
E-ISSN P-ISSN
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
Kantor Redaksi
Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.
Kontak:
Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751 View My Stats