Analisis Prinsip Desain Pesan dalam Buku Tematik Terbitan Kemdikbud (Analisis Isi Buku Tema 3 Kelas V SD)

Nunung Nurfajri Ainun(1*), Pattaufi Pattaufi(2), Farida Febriati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jetclc.v2i1.30429

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan prinsip desain pesan dalam buku tematik tema 3 kelas V SD dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian analisis isi. Sumber data yaitu buku tematik tema 3 kelas V SD, dengan pengumpulan data studi dokumen yang dianalisis secara deskriptif yang diperoleh dari lembar koding dan didukung hasil wawancara narasumber. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa buku tematik tema 3 kelas V SD menerapkan prinsip desain pesan, diantaranya desain visual, desain teks, dan desain layar/layout. Penerapan prinsip desain visual menerapkan diantaranya 1) unsur garis, 2) unsur shape/bentuk, 3) unsur texture, 4) unsur warna, dan 5) ilustrasi. Selanjutnya, penerapan desain teks yaitu 1) penggunaan judul yang jelas dengan sedikit kata-kata, 2) penggunaan kotak untuk memberi penekanan pada teks, 3) penyajian headings, 4) penyajian pertanyaan, 5) runtunan, 6) penggunaan daftar runtunan, dan 7) penyajian simpulan. Sedangkan, penerapan desain layar/layout menerapkan sebagai berikut 1) elemen visual, 2) elemen teks, dan 3) elemen tak terlihat. Namun, penerapan prinsip desain pesan dalam buku tematik tersebut terdapat elemen prinsip desain teks yang tidak diterapkan yaitu penyajian rangkuman dan garis besar isi teks. Selain itu, beberapa elemen harus diperbaiki dan diperhatikan dalam penerapannya sesuai prinsip desain pesan, supaya pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Kata Kunci: buku tematik; desain pesan; visual; teks; layout


Full Text:

PDF

References


Ainun, N.N. 2021. Pandemi dan Ruang Kelas Dunia Maya. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, (Online), Vol.1 No.1, https://ojs.unm.ac.id/JETCLC/article/view/18157/pdf, (diakses 10 Januari 2021).

Anggraeni, L. & Nathalia, K. 2018. Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendikia.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bahl, Dimple. 2017. Grid System and Universality in Indian Graphic Design: a Study of Jain Manuscripsts. COMMUNICATION DESIGN. (Online), Vol.5 No.1-2, https://doi.org/10.1080/20557132.2017.1385256 (diakses 21 November 2021)

Hardiansyah., Arifin, Irfan., & Aswar. 2019. Desain dan Perwajahan Majalah Kurva Desain Komunikasi Visual. Imajinasi. (Online), Vol.1 No.2, https://ojs.unm.ac.id/imajinasi/article/view/9919 (diakses 21 November 2021)

Intan, Novia. 2019. Tips Memilih Judul Buku. Deepublish.

Josefin, A., Damajanti, I., & Irianto, A. J. (2016). Ketidaksadaran kolektif akan warna dan bidang. Journal of Visual Art and Design, (Online), Vol.8 No.1, https://doi.org/10.5614/j.vad.2016.8.1.5 (diakses 14 Januari 2022)

Katherine, Haenschen., & Daniel, J. Tamu. 2019. What’s in a Font?: Ideological Perceptions of Typography. Communication Studies, (Online), Vol.71 No.2, https://doi.org/10.1080/10510974.2019.1692884 (diakses 20 November 2021)

Kurniawan, D. 2019. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Listya, Ariefika. 2018. Konsep dan Penggunaan Warna dalam Infografis. DESAIN. (Online),https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2837/0 Vol.06 No.1, (diakses 17

November 2021)

Pattaufi. 2020. Desain Pesan Teori dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Proses Pembelajaran. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/

Rustan, S. 2010. LAYOUT, dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Situmorang, Robinson, Widyaningrum, Retno., Imbarnursetyo, Kunto., & Ariani, Dian. 2019. Prinsip Desain Pesan. Banten: Universitas Terbuka

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol.1 No.9, http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6743, (diakses 30 November 2020).

Sudarma, I, K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. 2015. Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Text dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu

Widyastuti, A., Mawati, A. T., Yuniwati, I., Simarmat, J., Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Gandasari, D. 2020. Pengantar Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 13298 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nunung Nurfajri Ainun(1*), Pattaufi Pattaufi(2), Farida Febriati(3)

Jurnal JETCLC terindeks oleh

      

E-ISSN P-ISSN

     

Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material

Kantor Redaksi

Jurnal Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran, dan Komunikasi
Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. 

Kontak:

Nunung Nurfajri Ainun +62823-4311-8751Web Analytics View My Stats